Pengalaman dan Catatan dalam Mengisi Formulir Evaluasi Kinerja Dosen Secara ONLINE

Masih tentang pengisian formulir Evaluasi Kinerja Dosen secara ONLINE, tadinya terbayang sebagai sesuatu yang kelihatannya akan sulit dilakukan. Ternyata setelah mencobanya sendiri, pengisian formulir evaluasi tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Berikut ini adalah beberapa catatan terkait dengan pengalaman saya mengisi formulir evaluasi tersebut. Beberapa catatan tersebut diharapkan dapat membantu rekan-rekan sejawat untuk mengisi formulir tersebut dengan lebih efisien. Silakan simak informasi berikut dan semoga ada manfaatnya. Ayo, kita suskseskan evaluasi kinerja dosen penerima tunjangan profesi. Selamat mengisi formulir evaluasi … !

Beberapa catatan yang bersifat umum :

Bagi rekan sejawat yang bermaksud untuk mengisi formulir evaluasi kinerja dosen penerima tunjangan profesi supaya memperhatikan beberapa poin berikut ini.

  • Jumlah total dosen yang telah menerima tunjangan profesi tercatat sebanyak 49.955 orang dosen dan 4.730 orang profesor/guru besar. Semuanya diharapkan mengisi formulir evaluasi kinerja secara online
  • Batas waktu pengisian formulir tersebut adalah tanggal 25 Juni 2012.

Hal tersebut berarti: traffic (antrian) pengguna untuk mengakses formulir online tersebut akan sangat banyak. Ini berpotensi menyebabkan server crash yang akibatnya pengguna sulit melakukan login ke formulir tersebut. Jika rekan sejawat mengalami kesulitan login, coba tunggu beberapa saat dan lakukan login kembali hingga anda berhasil masuk ke portal formulirnya di website diknas.

Yang jelas, JANGAN MENUNGGU MENDEKATI TANGGAL 25 JUNI dan baru berusaha mengisi formulirnya! Pada saat tersebut pengguna akan sangat banyak dan akses akan menjadi semakin sulit.

  • Sebelum anda mengakses formulir evaluasi secara online, sebaiknya baca terlebih dahulu informasi yang ada di panduan pengisian form evaluasi kinerja dosen yang telah diterima atau dapat diunduh di http://kinerja.dikti.go.id dan pelajari informasi apa yang perlu disiapkan untuk mengisi formulir tersebut.
  • Siapkan data dan informasi yang diperlukan terlebih dahulu sehingga anda tidak perlu kesana-kemari mencari informasi yang diperlukan untuk mengisi formulirnya karena ternyata tidak tersedia di depan anda.

Dengan melakukan itu, anda tidak akan memerlukan waktu lama untuk mengisi formulir evaluasi sehingga dapat mengerjakan hal lain yang barangkali perlu ada kerjakan. Ketika informasi yang diperlukan telah tersedia, hal ini memperkecil perasaan intimidated atau frustasi yang seringkali dialami ketika kita dihadapkan pada kondisi yang kurang menyenangkan bagi kita (mengisi formulir evaluasi umumnya bukan sesuatu yang menyenangkan bagi dosen!).

Jika perasaan negatif ini kita alami, umumnya akan membuat kita tidak ingin melanjutkan pengisian formulir evaluasinya atau bahkan meninggalkannya sama sekali (biasanya kita akan berkata: “masa bodoh dengan formulir evaluasi!” atau yang semacamnya). Semakin lengkap informasi yang disiapkan, semakin cepat anda akan menyelesaikannya. Berdasarkan pengalaman dari Prof. Roedhy Poerwanto (Departemen AGH, Faperta, IPB): diperlukan waktu hanya 30 menit untuk mengisi formulir evaluasi, jika semua informasinya telah disiapkan dengan lengkap.

Yang perlu juga diingat, ada lebih dari 50.000 pengguna seperti anda yang akan mengisi formulir evaluasi. Sehingga, semakin cepat kita menyelesaikan pengisian formulirnya, semakin membantu pengguna lain yang sedang mengantri untuk mengakses formulir yang sama (lihat catatan tentang traffic diatas).

Demikian sedikit catatan yang dapat saya share dengan rekan-rekan sejawat sekalian terkait dengan pengisian formulir Evaluasi Kinerja Dosen Penerima Tunjagan Profesi. Semoga informasi ini ada manfaatnya bagi kolega yang membacanya. Selamat mengisi formulir evaluasi kinerja dosen… !

Baca juga :

About these ads

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Info Dikti, News from PMB Lab, Serbaneka Info (Miscelaneous Info) and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pengalaman dan Catatan dalam Mengisi Formulir Evaluasi Kinerja Dosen Secara ONLINE

  1. sari says:

    Terima kasih atas info Pak Dar tentang pengisian evaluasi kinerja dosen. Saya mau menanyakan tentang jumlah mata ajar dan beban SKS, bagaimana perhitungannya? Apakah sama seperti pengisian BKD? Contoh: mata kuliah yang diampu 5 MK, masing-masing 3 SKS, dengan team teaching 4 orang, apakah jumlah SKSnya = (5 x 3)/4 = 3,75? Maturnuwun …

    • Alhamdulillah jika ada manfaatnya… Kalau secara harfiah, sesuai petunjuk yag ada dalam formulir pengisian evaluasi kinerja dosen yang ada di laman DIKTI – adalah seperti yang dicontohkan tersebut. Tetapi muncul pertanyaan, bagaimana jika masing-masing staf tidak mengajar dalam jumlah jam yang sama? Sebagai contoh: jumlah MK = 5, SKS masing-masing MK = 3, dalam setiap MK – si dosen A, B, dan C masing-masing mengajar 1/5 bgn, dan dosen D mengajar 2/5 bgn per semesternya, apakah masing-masing bagiannya sama yaitu 3.75 ataukah bagian si A, B, dan C masing-masing = 1/5 bgn dari (5×3) = 3 SKS dan bagian si D = 2/5 bgn dari (5×3) = 6 SKS. Hal ini tidak dijelaskan dalam petunjuk pengisian evaluasi kinerja dosen secara online. Ketika saya mengisi, saya gunakan formula yang kedua (dibagi sesuai dengan jumlah jam mengajar masing-masing dosen yang mengampu). Pilihannya, silakan masing-masing karena petunjuk pengisiannya sendiri memang ambigu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s