Renungan Menjelang Hari Raya Qurban: Meraih Pengampunan Atas Dosa Setahun yang Telah Lewat dan Setahun yang Akan Datang

Menjadi muslim yang cerdas antara lain dapat dilakukan dengan mengerjakan amalan ibadah yang sedikit memerlukan resources tetapi mendatangkan banyak pahala dan kebaikan bagi yang mampu mengerjakan. Di dalam menjelang Hari Wuku’ di Arofah, setiap menjelang hari Raya Qurban di setiap tahunnya Alloh SWT. memberikan kesempatan bagi ummat muslim yang beriman untuk mempraktekkan menjadi seorang muslim yang cerdas, yaitu dengan melaksanakan amalan yang ringan tetapi mampu membuat si muslim meraih pengampunan atas dosa setahun yang telah lewat DAN setahun yang akan datang. Amalan ibadah apakah itu yang sedemikian besar pahala dan kebaikannya?


Bagi rekan-rekan sesama ummat muslim, untuk bisa mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan setahun yang telah lewat DAN atas dosa-dosa yang (akan) dikerjakan pada setahun yang akan datang, maka yang perlu kita lakukan hanyalah ‘BERPUASA SATU HARI – PADA HARI AROFAH.’ Kesempatan ini tentu saja berlaku bagi ummat muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah haji dan tidak sedang melaksanakan Wukuf di padang Arofah, Saudi Arabia. Bagi yang sedang melaksanakan Wukuf, tidaklah perlu berpuasa karena dengan berwukuf di Arofah saja sudah dijanjikan lebih besar dan lebih banyak pahala, sebagai bagian dari pahala orang yang melaksanakan ritual ibadah haji.

Nah… bagi rekan-rekan yang diqodar oleh Alloh SWT. belum bisa (lagi) menjalankan ibadah haji tahun 2012 ini, ayolah kita manfaatkan kesempatan untuk meraih pengampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat selama satu tahun yang lewat dan satu tahun yang akan datang. Mari kita sama-sama jalankan ibadah puasa satu hari, pada hari Kamis 25 Oktober 2012 besok, yaitu pada saat saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji melakukan Wukuf di Arofah. Ayo… sama-sama kita ajak dan ingatkan saudara-saudara kita sesama muslim yang beriman untuk berpuasa sunnah sehari pada hari Kamis besok.Jangan sampai kita tertinggal atau terlupa untuk mempraktekkan menjadi seorang muslim yang cerdas.

Yang perlu dicermati, tentubsaja tidak semua dosa yang kita lakukan akan mendapatkan pengampunan oleh Alloh SWT. Ada sejumlah kekecualian dari penghapusan dosa tersebut, antara lain dosa-dosa yang terkait dengan masalah hutang-piutang yang belum dilunasi meskipun sudah lama telah melewati batas perjanjian yang dilakukan. Tentu saja dosa yang terkait dengan urusan hutang-piutang seorang muslim kepada saudara muslim yang lain, jika belum dilunasi tetap menjadi tanggungan si muslim yang berhutang (jika dia masih hidup) atau bagi ahli warisnya (jika ybs. sudah meninggal).

Tidak bisa kemudian kita mempunyai kefahaman bahwa karena dosa-dosa yang kita perbuat setahun yang lalu dan setahun yang akan datang akan Alloh SWT. ampuni, maka termasuk hutang-hutang kita kepada muslim yang lain pun – setahun yang lewat dan setahun yang akan datang, lantas menjadi tidak perlu dilunasi. Toh dosa-dosanya sudah diampuni kan? Tentu saja ini pengertian yang salah! Dosa-dosa karena hutang-piutang yang belum dilunasi termasuk yag tidak bisa dihapuskan hanya dengan berpuasa – di Hari Arofah.

Pertanyaannya: “Inginkah kita mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat selama tahun 2011 yang lalu dan yang akan kita perbuat dalam tahun 2013 yang akan datang?” Diri kita masing-masinglah yang bisa menjawabnya. Semoga pada hari Arofah – Kamis 25 Oktober 2012 besok, kita semua diberi kesempatan oleh Alloh SWT. untuk menjalankan ibadah puasa sunnah satu hari sehingga mendapatkan pahala dan kebaikan yang besar di dalam hidup kita yang singkat ini. Amiiin…!

About these ads

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Renungan dan Motivasi Diri (Reflection & Self Motivation), Serbaneka Info (Miscelaneous Info) and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s