Jurnal Black List! Jurnal Palsu! Jurnal yang Diragukan (Questionable)! Lantas KAMI HARUS BAGAIMANA?

WHAT IF, journal tempat seorang dosen mempublikasi hasil penelitiannya terindikasi sebagai journal black list! atau Palsu! atau Dicurigai (Questionable)! Lantas apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diantispasi dan disikapi oleh seorang dosen, terutama yang akan mengajukan kenaikan fungsional ke Guru Besar atau ke Lektor Kepala dalam masa mukim 1-3 tahun.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan diantisipasi:

  1. JIKA publikasi seorang dosen terbit di dalam journal ilmiah nasional yang dikategorikan sebagai journal palsu oleh DIKTI, yaitu: JAM, Didaktika, dan Agritek, MAKA publikasi yang terbit pada journal ilmiah tersebut tidak akan dinilai untuk kenaikan pangkat atau jabatan akademik dosen.
  2. JIKA publikasi seorang dosen terbit di dalam journal ilmiah yang dikategorikan sebagai journal ilmiah tidak terakreditasi dan meragukan oleh DIKTI, yaitu: PERCIKAN, INOVASI, AKTUALITA, PROSPEK, IQRA Journal Ilmiah LP2S UMI, dan Journal Tadulako, MAKA bisa tidaknya publikasi seorang dosen di dalam journal ilmiah tersebut digunakan untuk kenaikan pangkat atau jabatan dosen – tidak dinyatatakan dengan tegas dan secara tersurat dalam laman DIKTI. Tetapi secara tersirat, besar kemungkinan publikasi tersebut juga tidak akan dinilai untuk kenaikan pangkat atau jabatan akademik dosen.
  3. JIKA publikasi seorang dosen terbit di dalam journal ilmiah internasional yang dikategorikan sebagai journal internasional palsu oleh DIKTI, yaitu: International Journal of Business and Social Science (USA) dan Asian Social Science (Canada), MAKA bisa tidaknya publikasi seorang dosen di dalam journal ilmiah internasional tersebut digunakan untuk kenaikan pangkat atau jabatan dosen – tidak dinyatakan dengan tegas dan secara tersurat dalam laman DIKTI. Tetapi secara tersirat, besar kemungkinan publikasi tersebut juga tidak akan dinilai untuk kenaikan pangkat atau jabatan akademik dosen.
  4. JIKA publikasi seorang dosen terbit di dalam journal ilmiah internasional yang dikategorikan sebagai journal internasional yang diragukan (Questionable Journals) oleh DIKTI, yaitu: beberapa contohnya adalah journal ilmiah yang diterbitkan oleh David Publishing Company, IJENS, Dove Medical Press. MAKA DIKTI akan memberlakukan aturan ketat untuk menentukan bisa-tidaknya publikasi dalam journal yang meragukan tersebut digunakan untuk kenaikan pangkat atau jabatan akademik dosen.
  5. ATURAN DIKTI terkait dengan journal internasional yang meragukan (Questionable Journals), adalah sebagai berikut:
    1. DIKTI akan memeriksa apakah journal internasional tersebut terindeks di laman Thomson ISI Knowledge atau di SCOPUS SJR Journal Ranking atau di Microsoft academic search. Jika ternyata journal internasional tersebut ditemukan di SALAH SATU dari ketiga laman tersebut, maka journal ilmial internasional tersebut dianggap sebagai JOURNAL ILMIAH INTERNASIONAL BEREPUTASI.
    2. Jika DIKTI tidak menemukan journal ilmiah internasional di salah satu dari tiga laman tersebut pada point 5.A., maka journalnya TIDAK DIANGGAP sebagai journal internasional bereputasi. Publikasi dalam journal internasional tersebut TETAP AKAN DINILAI tetapi TIDAK DAPAT DIGUNAKAN untuk pemenuhan syarat kenaikan jabatan ke GURU BESAR atau kenaikan jabatan ke LEKTOR KEPALA dalam masa mukim 1-3 tahun.
    3. Jika DIKTI tidak menemukan journal ilmiah internasional di salah satu dari tiga laman tersebut pada point 5.A., dan DIKTI menemukan adanya hal-hal ‘YANG TIDAK PATUT’ maka publikasi dalam journalnya TIDAK AKAN DINILAI.

Terkait dengan journal ilmiah internasional yang diragukan, rekomendasi DIKTI agar para dosen tidak melakukan publikasi di journal internasional tersebut. Contoh nama-nama publisher yang diragukan menurut DIKTI dapat di lihat di laman berikut: http://scholarlyoa.com atau di laman Beall’s List of Predatory, Open Access Publishers – 2012 Edition (by Jeffey Beal, yang dapat diunduh di http://carbon.ucdenver.edu/~jbeall/Beall%27s%20List%20of%20Predatory,%20Open-Access%20Publishers%202012.pdf).

Untuk bidang komputer science, daftar journal yang dinilai PALSU menurut DIKTI – dapat diakses di laman http://fakejournalss.wordpress.com

Terkait dengan journal ilmiah internasional yang diragukan, rekomendasi DIKTI agar para dosen memperhatikan artikel dalam laman http://scholarlyoa.com yang berjudul: Criteria for Determining Predatory Open Access Publisher di alamat berikut: http://scholarlyoa.com/2012/08/04/criteria-for -determining-predatory-open-access-publishers/

Semua staf dan mahasiswa pascasarjana yang tergabung dalam PMB Lab mengharapkan agar rekan sejawat sekalian memperhatikan himbauan dari DIKTI tersebut terkait dengan publikasi ilmiah hasil penelitiannya, terutama yang akan mengajukan kenaikan fungsional ke GURU BESAR atau yang mengajukan ke Lektor Kepala dengan masa mukin 1-3 tahun. Kami berharap seua rekan sejawat dapat sukses dalam penulisan publikasinya dan sukses dalam kenaikan pangkat fungsionalnya.

NOTE: Informasi ini disarikan dari Laman PAK Dikti yang dapat diakses di alamat http://pak.dikti.go.id dengan judul “Jurnal yang Tidak Dinilai dan Diragukan untuk Kenaikan Pangkat/Jabatan Dosen.” Untuk informasi lebih lanjut, dipersilakan berkomunikasi dengan fihak yang berwenang di kantor DIKTI.

Baca juga:

About these ads

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Info Dikti, Publikasi (Publications) and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Jurnal Black List! Jurnal Palsu! Jurnal yang Diragukan (Questionable)! Lantas KAMI HARUS BAGAIMANA?

  1. Terima kasih atas informasinya pak, :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s