More about “Perpanjangan Usia Pensiun” bagi Guru Besar

This info is irrelevant to English-speaking reader…

Rupanya topik “Batas Usia Pensiun (BUP)” bagi PNS dan perpanjangannya merupakan topik penting. Dewan Guru Besar IPB telah menjadikan Batas Usia Pensiun bagi PNS sebagai topik bahasan dalam salah satu rapat Dewan Guru Besar (DGB) – Komisi B (Komisi Pengembangan IPTEKS dan Potensi Guru Besar).

Dalam naskah akademik yang dibahas di Rapat Komisi B DGB IPB tersebut, diuraikan secara jelas siapa PNS yang boleh diperpanjang BUP-nya, yaitu Guru Besar (Professor). Dalam Peraturan Menteri (Permen) No. 99, tahun 2008 disebutkan bahwa:

  • Batas Usia Pensiun (BUP) PNS yang menduduki jabatan Guru Besar dapat diperpanjang sampai usia 70 tahun (Pasal 2, ayat 2)
  • Perpanjangan BUP PNS ditetapkan oleh Menteri
  • Perpanjangan BUP PNS yang menduduki jabatan Guru Besar tidak diberikan kepada Guru Besar di lingkungan Perguruan Tinggi BHMN yang telah ditetapkan lebih dari 5 tahun (Pasal: 5, ayat 1).
  • PT BHMN dapat melakukan perpanjangan BUP PNS yang menduduki jabatan Guru Besar sebagai pegawai negeri PNS yang bersangkutan (Pasal: 5, ayat 2).

Adapun persyaratan untuk mengajukan perpanjangan BUP bagi guru besar, antara lain:

  • Telah menduduki jabatan Guru Besar sekurang-kuragnya dua (2) tahun
  • Merupakan satu-satunya Guru Besar dalam bidang ilmu yang bersifat langka pada unit kerja dan belum ada dosen lain yang mampu menggantikan kedudukan melaksanakan tugas pokoknya, yang dibuktikan dengan data dosen pada unit kerja yang bersangkutan
  • Mengajar sekurang-kurangnya 12 SKS per semester selama dua (2) tahun terakhir pada program S1, S2, dan S3 pada Perguruan tinggi yang bersangkutan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Ketua umum PS/Bagian/Jurusan/ Departmen yang berwenang
  • Memiliki DP3 dua (2) tahun terakhir dengan nilai sekurang-kurangnya baik untuk setiap unsur
  • Mendapat persetujuan Senat sesuai ketentuan yang berlaku di Perguruan Tinggi yang bersangkutan
  • Rekomendasi dari Dekan atau Ketua Program Studi berdasarkan pengkajian/pertimbangan kebutuhan

Selain persyaratan yang diuraikan diatas, juga ada persyaratan tambahan dari Kemdiknas. Untuk di IPB, terdapat syarat tambahan yang juga harus dipenuhi untuk keberhasilan dalam perpanjangan BUP bagi Guru Besar.

PMB Lab staffs dan mahasiswa S2/S3 yang bekerja di PMB Lab berharap bagi guru besar dari IPB atau dari perguruan tinggi lainnya yang akan mengajukan perpanjangan batas usia pensiun dapat menyiapkan persyaratan yang diperlukan. Semoga perpanjangan yang akan diajukan dapat memberikan hasil yang positif.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Info Dikti, News from PMB Lab and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s