Sekali lagi, Orang Indonesia Memang Terbukti Canggih !

This info is irrelevant to English-speaking readers…

Kalau dulu di Jakarta dan sekitarnya (sebelum angkot merajai jalanan…), dapat dijumpai OPLET sebagai kendaraan umum (Jadi ingat opletnya Si Doel Anak Betawi…). Di Bogor ada BEMO… Kesamaan dari hal tersebut adalah dua-duanya merupakan kendaraan yang secara teknis tidak didukung dengan onderdil dari pabrikannya. Karena kecanggihan orang Indonesia, kendaraan tersebut masih bisa operasional melebihi batasan teknisnya. Orang bilang kecanggihan teknisi dalam mencari alternatif solusi onderdil kendaraan tersebutlah yang membuatnya mampu bertahan.

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan satu lagi bukti kecanggihan berfikir orang Indonesia, meskipun ini merupakan contoh negatif yang seharusnya tidak dilakukan. Melihat peluang bahwa kompetensi berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai TOEFL tertentu dijadikan sebagai syarat kelulusan perguruan tinggi. Terbetiklah pemikiran oknum untuk menyediakan jasa pemberian sertifikat TOEFL TEST. Jadilah layanan TOEFL TEST asli tapi palsu yang sempat menghebohkan kampus UNESA, Surabaya.

Berikut ini link berbagai berita tentang sertifikat TOEFL TEST aspal tersebut:

Sekali lagi fakta berbicara, orang Indonesia… terbukti memang canggih. Semoga kasus ini terisolir di antara mahasiswa UNESA, Surabaya saja dan bukan merupakan fenomena gunung es.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Serbaneka Info and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Sekali lagi, Orang Indonesia Memang Terbukti Canggih !

  1. Dewi Sukma (IPB) says:

    Ternyata dari tingkat SD sampai perguruan tinggi kejujuran sudah langka. Orang suka mengambil jalan pintas dengan mengesampingkan kejujuran. Na’udzubillahimindzaalik..

    • pmblab says:

      @Dewi Sukma:
      Kualitas manusia yang selalu akan dicari di masa yang akan datang adalah: (1) sebagai individu dia mempunyai sifat (a) JUJUR, (b) AMANAH, dan (c) MUJHID-MUZHID [kerja keras sampai berhasil, diimbangi dengan tirakat]; serta (2) sebagai bagian dari komunitas maka individu-individu anggotanya bersifat (a) RUKUN, (b) KOMPAK, dan (c) [mampu] KERJASAMA YANG BAIK. InsyaAlloh akan berhasil dan barokah jika demikian dapat terwujud (Prof. Sudarsono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s