The Green Way of Life – Part 1

This info is intended for Bahasa speaking readers…

Coconut trees

Plant as many trees as possible, wherever and whoever you are, and do not cut them down for whatever reasons

Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan membaca istilah “Global Warming” atau “Climate Change.” Bahkan tanpa terasa kita sudah merasakan dampak fisik dari dua kosa kata tersebut dalam hidup kita sehari-hari.

Sebagai contoh: (1) Tidakkah siang hari saat menuju ke atau pulang dari Kampus Darmaga, akhir-akhir ini terasa semakin panas? (2) Tidakkah kita merasakan bergesernya atau tidak teraturnya musim panas dan musim hujan di berbagai daerah? Dua hal tersebut semakin sering kita sama-sama rasakan akhir-akhir ini.

Terlepas dari kontroversi yang ada terkait dengan penyebab “Global Warming” dan “Climate Change,” ada hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan, antara lain:

  1. Prinsip sederhananya: apapun tindakan yang menyerap CO2 dari udara adalah hal yang harus DILAKUKAN dan yang melepaskan CO2 ke udara itu adalah hal yang harus DIHINDARI.
  2. Berkaitan dengan hal pada No. 1, perbanyaklah menanam segala bentuk tanaman (apapun yang berupa rumput, perdu, atau pohon) karena mereka akan memfiksasi (menyerap) CO2 dari udara.
  3. Berkaitan dengan hal pada No. 1, jangan dengan gampang untuk menebang/memangkas tanaman/pohon hanya karena ribet memikirkan sampah daun yang gugur atau hanya terlihat mengganggu pemandangan karena cabang-cabangnya yang tidak beraturan.
  4. Ingatlah: (a) bagian-bagian tanaman yang anda potong tersebut mampu memfiksasi (menyerap) CO2 dari udara, (b) memerlukan waktu yang lama untuk bisa menumbuhkan bagian-bagian tanaman yang akan anda buang tersebut, dan (c) bagian tanaman yang dipangkas merupakan hasil simpanan CO2 dari udara.

Ayo… kita jaga bumi kita yang hanya satu ini agar dapat lebih lama kita huni. Berapapun kecilnya, bantuan anda akan sangat berguna bagi bumi ini. Ayo… jangan sampai ketinggalan!

Baca Juga:

The Green Way of Life – Part 2

Tanaman mempunyai peranan penting dalam membantu mengurangi keberadaan gas CO2 yang diduga sebagai salah satu penyebab pemanasan global. Ada berbagai fakta sederhana yang sering kita lupakan, yang dapat membantu memperlambat penumpukan gas CO2 di atmosfer.   Continue reading →

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Green Way of Life, News from PMB Lab and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s