The Green Way of Life – Part 2

This info is intended for Bahasa speaking readers…

ball-and-stick model of CO2: carbon dioxide

Image via Wikipedia

Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan membaca istilah “Global Warming” atau “Climate Change.” Bahkan tanpa terasa kita sudah merasakan dampak fisik dari dua kosa kata tersebut dalam hidup kita sehari-hari.

Tanaman mempunyai peranan penting dalam membantu mengurangi keberadaan gas CO2 yang diduga sebagai salah satu penyebab pemanasan global. Ada berbagai fakta sederhana yang sering kita lupakan, yang dapat membantu memperlambat penumpukan gas CO2 di atmosfer. Ingatlah dan jadikan pertimbangan berbagai fakta berikut dan tanpa terasa anda sudah membantu mengurangi dampak pemanasan global.

Berbagai fakta sederhana sebagai ilustrasi terkait fungsi tanaman dan gas CO2 di atmosfir, antara lain:

  1. Tanaman menyerap gas CO2 langsung dari udara dan mengubahnya menjadi bagian-bagian tanaman. Berarti, semakin banyak tanaman, semakin banyak gas CO2 yang akan diserap dan dikeluarkan dari atmosfir.
  2. Gas CO2 yang diserap dan diubah menjadi bagian-bagian tanaman dapat diibaratkan sebagai tabungan (simpanan). Karena merupakan tabungan maka harus kita jaga dengan baik agar tidak hilang atau sia-sia.
  3. Berkaitan dengan hal pada No. 2, tanaman yang masih hidup dan tumbuh dapat diibaratkan sebagai Certificate of Deposit (CD) yang diinvestasikan di Bank. Sebagai simpanan (CD) dia berharga, selain itu CD juga terus bertambah nilainya karena ada tambahan nilai dari bunga (interest). Batang dan bagian tanaman yang lain merupakan simpanan karbon (C) hasil penyerapan gas CO2. Karena tanamannya hidup, dengan berjalannya waktu dia akan terus menyerap CO2 sebagai bonus atau interes-nya.
  4. Berkaitan dengan hal pada No. 2, tanaman yang sudah mati dapat diibaratkan sebagai tabungan yang disimpan di rumah. Sebagai simpanan dia berharga, tetapi tidak akan memberi nilai tambah. Dengan berjalannya waktu nilai simpanan tidak bertambah tetapi malah bisa berkurang. Potongan dan bagian-bagian tanaman yang sudah mati tetap berharga karena sebagai simpanan karbon (C) hasil penyerapan gas CO2. Dengan berjalannya waktu, potongan dan bagian-bagia tanaman dapat membusuk dan terlepas kembali sebagai gas CO2 ke udara. Kuncinya adalah memperlambat berkurangnya simpanan karbon sebagai gas CO2 kembali ke udara.
  5. Berkaitan dengan hal pada No. 2, cara penggunaan tabungan yang dipunyai menentukan apakah tabungannya dengan cepat atau dengan lambat akan habis. Dan ketika tabungan habis, hilang pulalah sesuatu yang berharga yang telah dikumpulkan. Membiarkan bagian-bagian tanaman mengalami proses dekomposisi secara alami memperlambat lepasnya simpanan karbon (C) kembali ke atmosfir dalam bentuk gas CO2. Sebaliknya, membakar bagian-bagian tanaman merupakan cara paling cepat untuk membuang simpanan karbon (C) kembali ke udara dalam bentuk gas CO2. Sebisa mungkin usahakan untuk TIDAK MEMBAKAR sisa-sisa tanaman dan biarkan mereka terdekomposisi secara alami.

Ayo kita bantu bumi kita dengan memperlambat kembalinya simpanan karbon (C) ke udara dalam bentuk CO2, antara lain dengan: (a) menanam tanaman sebanyak-banyaknya, (b) jangan menebang tanaman karena alasan apapun, (c) biarkan bagian tanaman yang telah mati mengalami dekomposisi secara alami, dan (d) jangan pernah membakar sisa-sisa tanaman.

Baca Juga:

  • The Green Way of Life – Part 1
  • Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan membaca istilah “Global Warming” atau “Climate Change.” Bahkan tanpa terasa kita sudah merasakan dampak fisik dari dua kosa kata tersebut dalam hidup kita sehari-hari. Continue reading →

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Green Way of Life, News from PMB Lab and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s