Mudik Journey – Day 2: Destination Solo

Catatan awal:Rangkaian entry dengan tema “Mudik Journey” ini merupakan catatan perjalanan Prof. Sudarsono dalam rangka Mudik Lebaran Tahun 1432 H (2011 M).

Ayam Goreng Suharti - Semarang

Ayam Goreng Suharti - Semarang, menyediakan menu ayam goreng dan aneka makanan lainnya dengan harga yang cukup murah di Semarang

Setelah puas bersilaturrahim dengan keluarga yang dipertemukan kembali dengan kami dalam I’edul Fitri 1432 H (2011 M), kami kembali ke rumah di Cirebon untuk bersiap-siap melanjutkan perjalanan. Rumah Cirebon adalah rumah Mamih (ibu dari istri saya dan mertua saya). Di Cirebon juga terdapat saudara-saudara yang (hum) lain dari fihak istri saya, selain yang baru kami temukan pada I’edul Fitri tahun ini (lihat: Mudik Journey – Day 2: My Newly Found Extended Family).

Tahapan perjalanan berikutnya adalah dari Cirebon menuju Semarang dan terakhir ke Solo. Solo merupakan kota kelahiran saya 50 tahun yang lalu.

Di Kota tersebut hidup ibu Saya dan empat orang saudara perempuan beserta suami dan anaknya masing-masing. Jadi sudah menjadi kuwajiban bagi kami untuk bersilaturrahim dengan Ibu dan saudara-saudara tersebut. Saya adalah saudara tertua dari delapan bersaudara, selain empat yang ada di Solo, dua orang berdomisili di Jakarta dan seorang berdomisili di Cirebon. InsyaAlloh, biasanya kami bersaudara berkumpul bersama di Solo sesudah I’edul Fitri.

Setelah cukup beristirahat, kami meninggalkan Cirebon pk. 14.00 siang menuju ke Semarang. Alhamdulillah, perjalanan dari Cirebon ke Semarang berjalan lancar dan tidak mengalami macet di Jalan. Kami mulai masuk Semarang pada pukul 19.00 malam.

Karena kesulitan mencari rumah makan antara Cirebon dan Semarang yang buka pada I’edul Fitri, maka kami sempat agak kelaparan di perjalanan. Biasanya kami membawa bekal makanan, tetapi karena tidak sempat menyiapkan dari Cirebon, kali ini kami tidak membawanya. Untunglah sebelum masuk Semarang kami bisa mampir ke RM Ayam Goreng Suharti, yang ternyata tetap buka pada I’edul Fitri. Jadilah kami mampir ke RM Ayam Goreng Suharti untuk mengisi perut yang sudah keroncongan (saya sendiri juga tidak sempat makan siang di Cirebon🙂

Bagi yang melalukan perjalanan dari Cirebon menuju Semarang, sebelum masuk tol Semarang – Ungaran, maka anda akan menjumpai dua pertigaan dengan lampu lalu-lintas. Pertigaan terakhir dengan lampu lalu-lintas adalah akses menuju ke jalan tol. Pertigaan sebelumnya (sebelum akses masuk tol), juga dengan lampu lalu-lintas adalah lokasi RM Ayam Goreng Suharti. RM Ayam Goreng Suharti ada di sebelah kanan pertigaan dengan lampu merah sebelum akses masuk tol Semarang-Ungaran.

Jika anda menuju ke Semarang dari arah Cirebon dan mencari lokasi makan, ada baiknya anda coba RM Ayam Goreng Suharti. Ayam gorengnya relatif enak, daging ayamnya digoreng sehingga empuk dan terpisah dari tulangnya. Selain itu, pada bagian tertentu, tulangnya juga lunak dan dapat dikunyah bersama dengan dagingnya. Tetapi hati-hati dengan sambalnya, menurut ukuran kami, sambalnya terasa agak pedas. Kalau anda tidak menyukai yang pedas, mungkin harus menghindari sambalnya. Ayamnya sudah enak tanpa harus dimakan dengan sambal. Harga makanannya pun relatif murah. Silakan mencoba jika anda melewati lokasi tersebut.

Perjalanan dari Semarang menuju ke Solo tidaklah selancar dari Cirebon ke Semarang. Lalu-lintas dari Semarang ke Solo mengalami kemacetan sejak dari Ungaran hingga ke Salatiga. Kami harus bermacet ria dan berjalan merayap menyusuri jalan satu-satunya dari Semarang ke Solo tersebut. Namun alhamdulillah, akhirnya kami sampai juga dengan selamat di Solo pada sekitar pukul 12.00 malam.

Sampai di Solo, tidak banyak yang dapat kami perbincangkan. Setelah sedikit mengobrol dengan Ibu saya, kami akhirnya beristirahat untuk menghilangkan rasa penat di badan dan rasa ngantuk yang sudah tidak tertahankan.

Tidak banyak nilai-nilai yang dapat kita ambil dalam perjalanan dari Cirebon menuju ke Solo kali ini. Ada dua catatan yang barangkali berguna bagi anda yang akan mudik ke luar kota dalam I’edul Fitri seperti yang kami lakukan, antara lain:

  • Perjalanan mudik lebaran adalah perjalanan yang menuntut kesiapan fisik dan menguji keshabaran. Oleh karenanya, siapkan fisik anda dan jangan sampai anda melakukan perjalanan dalam kondisi fisik yang tidak fit. Tahun ini banyak terjadi kecelakaan di jalan selama mudik lebaran, salah satunya adalah akibat fisik pengemudi yang kurang fit. Jika anda merasa kurang fit atau tidak memiliki cukup keshabaran dalam menghadapi berbagai situasi di jalanan (macet, dsb.), lebih baik serahkan kemudi kendaraan anda ke orang lain dan nikmati perjalanan tanpa mengemudi. Sebagai alternatif, gunakan moda transportasi lain, meskipung kemungkinan anda harus merogoh kocek agak dalam terutama jika berpergian dengan keluarga.
  • Berdasarkan yang kami alami, kebanyakan rumah makan (restoran) di sepanjang perjalanan mudik, tutup pada hari lebaran. Dengan demikian, jika anda menginginkan untuk mencari tempat makan antara Cirebon – Semarang – Solo, besar kemungkinan sulit untuk menemukannya. Jika anda bepergian pada hari H – I’edil Fitri, ada baiknya anda membawa bekal makanan secukupnya sehingga ketika tidak menjumpai rumah makan (restoran) di sepanjang perjalanan, anda tidak perlu harus kelaparan dan kehausan. Terutama kalau dalam perjalanan, anda membawa serta anak-anak, lebih baik mempersiapkan bekal makanan untuk di perjalanan.  

Demikianlah jurnal perjalanan mudik dari Cirebon-Semarang ke Solo yang dapat kami ceriterakan. Moga-moga ada manfaat dan barokahnya. Amiien.

Also read (Baca juga) :

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Serbaneka Info and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s