Part 5 – Kiat Sukses #4 Ujian Prelim Mahasiswa S3, Mayor PBT, SPS-IPB

Note: masukan pengalaman dan kiat sukses anda untuk menempuh ujian prelim di mayor PBT dari Ir. Ika Roostika Tambunan, MSi (Mahasiswa S3 – PBT). Terima kasih bu Roostika, atas masukan pengalamannya – semoga ada manfaatnya.
————–

Berikut pengalaman ibu Roostika tentang ujian prelim (Note: Admin telah menyunting gaya selingkung tulisan dengan tidak mengubah maksud yang diinginkan):

Dear teman-teman Mahasiswa S3, Mayor PBT, SPS-IPB.

Berikut ini adalah pengalaman saya dalam upaya lolos ujian prelim, saya membagi persiapan yang dilakukan menjadi dua, yaitu: persiapan mental dan persiapan teknis.

1. Persiapan mental:

  • Ketika menghadapi ujian prelim, mind set saya adalah bukan untuk diberondong dengan berbagai macam pertanyaan yang sulit tetapi adalah untuk mendapatkan banyak masukan bagi kesuksesan penelitian disertasi saya.
  • Saya berusaha menghibur hati saya sendiri. Saya memposisikan diri saya sebagai orang yang layak untuk dihargai karena:

(a) Saya hanyalah seorang mahasiswa, sebaliknya tim penguji yang saya hadapi adalah dosen yang bergelar akademis doktor atau mempunyai jabatan fungsional profesor.
(b) Saya harus berjuang menghadapi ujian prelim sendiri, sebaliknya tim penguji – menguji saya secara bersama-sama.
(c) Tugas saya sebagai yang diuji jauh lebih berat karena harus menjawab segala pertanyaan tim penguji, sebaliknya tugas tim penguji hanyalah memberi pertanyaan.

2. Persiapan teknis:

  • Membaca ulang proposal penelitian
  • Membuat pertanyaan sendiri dan pertanyaan lain yang mungkin muncul.
  • Mencari jawaban dari berbagai literatur atau bertanya kepada orang lain (mahasiswa/dosen) yang bisa membantu.
  • Meminta dorongan moril dari diri sendiri, orang tua, dan teman-teman sejawat.

Semoga bermanfaat dan sukses bagi teman-teman yang akan atau masih harus berjuang menempuh ujian prelimnya. Salam.

———-

Kesimpulan Admin dari uraian diatas, faktor kesiapan diri dari mahasiswa S3 dalam menghadapi ujian prelim menjadi penentu utama keberhasilan melewati ujian prelim dengan baik. Berbagai cara dapat ditempuh untuk mempersiapkan diri masing-masing. Jika mahasiswa merasa bahwa dirinya belum siap, bahkan menjelang ujian prelim lesan dibuka oleh pengelola Mayor PBT, yang bersangkutan masih diberi kesempatan untuk mengundurkan pelaksanaan ujiannya dengan memberikan penjelasan ketidaksiapannya. Tentu saja way out ini lebih positif daripada harus melanjutkan dan memaksakan ujian prelim lesan dalam kondisi fisik, mental dan kesiapan yang tidak memadai. Akibat negatif dari ketidaksiapan tersebut tentu saja harus mengulang ujian prelim lesan yang kedua kalinya. Selamat menempuh ujian prelim lesan dan semoga sukses!

Also read (Baca juga) :

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Final Examination, News from PMB Lab and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

