MADINAH AL-MUNAWAROH – DAY 2: ROUDHOH

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry #5

Denah Masjid Nabawi

Denah masjid Nabawi dan posisi lokasi Roudhoh - lokasi yang banyak dicari oleh JCH untuk beribadah di Masjid Nabawi

Roudhoh adalah salah satu bagian dari Masjid Nabawi yang selalu menjadi rebutan jama’ah calon haji (JCH) dari Indonesia maupun dari berbagai negara lain. Roudhoh adalah bagian dari Masjid Nabawi yang merupakan salah satu diantara tempat-tempat yang mustajab/makbul untuk berdoa dan tempat favorit untuk melakukan sholat-sholat sunnah seperti sholat hajad. Di dalam hadits disebutkan bahwa Roudhoh adalah “Kebun Syurga.”

Posisi Roudhoh ada di bagian depan, di sisi sebelah kiri tempat pengimaman di Masjid Nabawi (jika kita menghadap ke pengimaman, lihat denah Masjid Nabawi, Madinah). Lebih tepatnya posisinya ada diantara mimbar masjid Nabawi dan pagar makam Rosulalloh SAW. Kalau diperhatikan lebih detil, ornamen dari tiang yang ada di Roudhoh berbeda dengan tiang-tiang lainnya yang ada di Masjid Nabawi. Tiang yang ada di lokasi Roudhoh pada bagian bawahnya terdapat hiasan ornamen. Selain itu, pada profil pada bagian atas tiang yang ada di lokasi Roudhoh dicat warna emas. Tiang Masjid Nabawi yang ada di luar Roudhoh biasanya polos tanpa ornamen dan profil bagian atasnya juga berwarna putih.

Warna karpet Roudhoh

Warna karpet di lokasi Roudhoh (hijau) berbeda dengan warna karpet bagian lain (merah) di Masjid Nabawi

Selain itu, warna karpet dari Roudhoh juga berbeda dibandingkan warna karpet di bagian masjid Nabawi yang lain. Karpet di Roudhoh berwarna hijau, sedangkan karpet di bagian masjid yang lain merah. Namun demikian, tidak semua yang berkarpet hijau adalah Roudhoh mengingat ada sebagian dari karpet tersebut yang berada di luar batas mimbar dan makam Rasulalloh SAW.

Dalam musim haji tahun 2010 ini di Masjid Nabawi diberlakukan sistem sekat antar satu bagian masjid dengan bagian yang lain. Hal ini dilakukan oleh pengelola masjid untuk membatasi menumpuknya JCH di satu bagian masjid tertentu. Disisi lain, penyekatan ini menyebabkan pergerakan JCH dari satu bagian ke bagian lain dari Masjid Nabawi menjadi agak sulit dilakukan. Hal yang sama juga dilakukan di sekitar Roudhoh yang dipasangi dengan kain sitroh sehingga tidak bisa diterobos tanpa melalui pintu masuk yang ditentukan. Jama’ah calon haji dari berbagai negara biasanya banyak bergerombol di area Roudhoh yang dipasangi sitroh tersebut untuk menunggu dibukanya pintu masuk Roudhoh.

Jadi kalau JCH ada di masjid Nabawi, cobalah perhatikan bagian masjid dengan ciri-ciri sebagaimana diuraikan diatas. Sempatkanlah melakukan sholat-sholat sunnah disana dan berdoalah untuk kebaikan sesama muslim, untuk saudara-saudara, untuk orangtua, untuk putra-putri kita, dan untuk diri sendiri tentunya. Roudhoh adalah salah satu tempat yang makbul sehingga kita yakin doa kita akan diqabulkan oleh Alloh, insyaAlloh. Selain itu, hitung-hitung merasakan sholat atau berdoa di taman syurga selagi kita hidup di dunia.

Alhamdulillah, dalam delapan hari tinggal di Madinah semua JCH dari Yayasan Multazam, Kota Bogor insyaAlloh hampir semuanya berhasil beberapa kali mendapat kesempatan sholat dan berdoa di Roudhoh. Semua itu sebagai bentuk kesyukuran atas nikmat yang telah Alloh berikan – bisa pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji pada tahun 2010 ini. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 6 – Madinah Al-Munawaroh – Day 2: Menguji Tajamnya Doa di Roudhoh.

Previous: Entry # 4 – MADINAH AL-MUNAWAROH – DAY 1: KEGIATAN IBADAH DI MASJID NABAWI, MADINAH

(Madinah Al-Munawaroh, 14 Oktober 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s