MADINAH AL-MUNAWAROH – DAY 4: TEH SUSU KEBERSAMAAN

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 9

Get together in Madinah

Jama’ah Calon Haji dari Yayasan Multazam, Kota Bogor berfoto selesai acara Kumpul-kumpul

Di saat semangat beribadah meningkat dan berbeda-beda intensitas peningkatannya antar jama’ah calon haji (JCH) maka tidak dapat dihindari terjadinya peningkatan semangat individualisme diantara para jama’ah. Hal yang sama juga dialami oleh JCH dari Yayasan Multazam, Kota Bogor setelah beberapa hari berada di Madinah Al-Munawaroh.

Oleh karena itu sungguh merupakan suatu kenikmatan yang tidak terkira untuk sekali-sekali berkumpul dalam kebersamaan sambil mendengarkan siraman rohani dari ustadz yang menyertai rombongan. Lebih nikmat lagi jika kebersamaan tersebut dilakukan di pagi hari sesudah sholat Shubuh sambil menunggu waktu sholat Dhuha.

Apalagi jika dilakukan sambil menikmati secangkir teh moci (teh kental arab dengan campuran susu kental manis) dan gorengan kentang atau kebab Turki. Hm… pasti sanggup menggugah mata yang masih setengah terkantuk-kantuk karena kurangnya waktu tidur yang dialami hampir setiap hari.

2011 - JCH Senior

Dua Orang Sesepuh dalam Rombongan Jama’ah Calon Haji dari Yayasan Multazam

Salah satu lokasi yang strategis untuk melakukan kebersamaan semacam itu adalah di dekat pintu masuk atau toilet laki-laki No. 2A. Lokasinya ada di belakang dan di sebelah kanan pengimaman (jika kita membelakangi pengimaman). Mengapa tempat itu dipilih? Kebetulan lokasi tersebut merupakan halaman terbuka yang luas sehingga di garansi akan dapat tempat meskipun untuk pertemuan kebersamaan yang jumlah pesertanya lebih dari 50 orang.

Dari tempat itu kita juga bisa menikmati dengan jelas secara bertahap bagaimana mekanisme terbukanya payung masjid Nabawi. Kebetulan sejumlah payung yang ada di lokasi tersebut tidak terbuka bersamaan. Menikmati terbitnya matahari di pagi hari di kota Madinah juga dapat dilakukan dari lokasi tersebut karena tidak ada halangan bangunan hotel bertingkat.

Satu hal positif lainnya adalah lokasi tersebut dekat dengan kedai makanan dan minuman yang menjual teh moci dan kebab atau kentang goreng yang lezat. Tapi harus diingat, pada waktu tersebut jumlah pembeli yang menginginkan servis kedai makanan ini juga sangat banyak. Jadi harus sabar jika ingin mendapatkan makanan dan minuman yang kita inginkan.

Yang harus dilakukan untuk membeli makanan dan minuman dari kedai ini adalah (1) mengantri untuk membayar makanan dan minuman yang kita pilih di kasir, (2) mendapatkan tiket untuk masing-masing makanan dan minuman yang kita bayar, dan (3) mengantri untuk menukar tiket dengan makanan atau minuman yang dibeli. Baru bisa kita menikmati makanan dan minuman yang kita inginkan.

Harga makanan dan minumannya relatif sama dengan di kedai makanan lainnya. Untuk secangkir teh moci (dengan susu) kita perlu membayar SR. 1, untuk sebungkus kentang goreng – SR 2 dan untuk kebab – SR. 3. Kombinasi teh moci dengan sebungkus kentang goreng atau kebab sudah cukup mengisi perut dipagi hari sambil menunggu waktu dhuha.

Jika anda ada di Masjid Nabawi dan mencari lokasi untuk mengadakan pertemuan untuk sekitar 50 orang, cobalah di lokasi dekat bangunan pintu masuk parkir atau toilet laki-laki No. 2A tersebut. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 10 – Madinah Al-Munawaroh – Day 5: Semangat Bershodaqoh.

Previous: Entry # 8 – MADINAH AL-MUNAWAROH – DAY 4: KETIKA KEPEPET MENCARI TEMPAT SHOLAT DI MASJID NABAWI

(Madinah Al-Munawaroh, 16 Oktober 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s