MADINAH AL-MUNAWAROH – DAY 5: SEMANGAT BERSHODAQOH

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 10

Kontainer Air Zam-Zam

Container Air Zam-zam yang Disediakan Bagi Jama’ah Calon Haji di Masjidil Harrom, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah

Satu pelajaran positif yang berkesan yang dapat kami petik dari mengamati jama’ah calon haji (JCH) asal berbagai penjuru dunia dan dari beberapa hari mengikuti sholat wajib berjama’ah di masjid Nabawi, Madinah Al-Munawaroh adalah semangat untuk bershodaqoh. Di sini kami baru bisa memahami apa maknanya bagi orang yang kaya – shodaqoh dengan kekayaannya, yang berilmu – dengan ilmunya, yang kuat – dengan tenaganya, dan yang longgar – dengan kelonggarannya.

Ada-ada saja cara orang melakukan shodaqoh di masjid Nabawi. Beberapa tindakan yang dilakukan bahkan hampir tidak mengeluarkan uang dan tenaga, yang penting kemauan dan kesempatan melakukannya. Alangkah indahnya jika semangat dan nilai positif ini bisa menular ke JCH dari Indonesia dan bisa dibawa pulang ke tempat asalnya masing-masing ketika kegiatan ibadah haji selesai.

Sebagai contoh sederhana untuk mengilustrasikan semangat shodaqoh di masjid Nabawi yang pernah kami lihat, antara lain: (1) mengambilkan al-Qur’an dari rak dan membagikannya bagi yang mau tadarus, (2) mengembalikan al-Qur’an ke rak-nya, (3) mengambilkan air zam-zam dan membagikannya kepada JCH yang kegerahan ketika menunggu waktu sholat, (4) membagikan minyak wangi kepada JCH yang mau, meskipun masing-masing hanya satu olesan, (5) berbagi alas sholat pada JCH lain, (6) menshodaqohkan tempat sholat di Multazam bagi JCH lain yang sedang mengantri, (7) shodaqoh secangkir kurma atau kopi atau teh, terutama pada hari senin dan kamis pada saat sesudah sholat maghrib, ketika banyak orang berbuka/membatalkan dari puasanya, membantu membetulkan bacaan al-Qu’ran dalam tadarus ba’da maghrib dan lain-lainnya.

Tetapi ketika di Madinah, kami belum pernah menyaksikan adanya orang menshodaqohkan makanan atau minuman sebanyak satu container sebagaimana yang sering diceriterakan orang sebelumnya. Mungkin saja pas hal itu terjadi, kami tidak berada di lokasi, atau mungkin hal itu terjadinya nanti pas menjelang hari Arofah, atau memang sudah jarang orang (di) Saudi yang melakukannya lagi, wallohu a’lam (catatan: baru setelah di Mekkah, belakangan hari, kami bertemu dengan orang yang shodaqoh makanan satu container – hampir tiap hari).

Memang secara dalil agama, bershodaqoh dan berbuat kebaikan di tanah harom kefadholannya lebih poolll (lebih besar) dibandingkan dengan shodaqoh dan kebaikan yang dilakukan di lain tempat. Ini barangkali juga menjadi salah satu motivasi bagi JCH dalam beramal sholeh. Yang jelas, ada nuansa kreatif diantara JCH untuk mengerjakan segala kegiatan, sebagai perwujudan semangat bershodaqoh seperti terlihat dari berbagai contoh diatas. Kami berdoa semoga semangat bershodaqoh seperti yang dicontohkan tersebut dapat menular pada JCH dari Indonesia serta semangat seperti itu bisa terwujud tidak hanya untuk hal-hal kecil yang tidak memerlukan biaya saja tetapi juga untuk hal-hal besar yang memerlukan pengorbanan tenaga, diri, dan harta benda di jalan Alloh.Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 11 – Perlu Kefahaman Agama yang Baik dan Benar

Previous: Entry # 9 – MADINAH AL-MUNAWAROH – DAY 4: TEH SUSU KEBERSAMAAN

(Madinah Al-Munawaroh, 17 Oktober 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in News from PMB Lab, Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s