DAY 27 – PERJALANAN MASYIAN: MENUJU JUMROH AQOBAH

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 53

Menuju Jumroh Aqobah

Jama’ah Calon Haji dalam Perjalanan Masyian dari Muzdalifah Menuju ke Jumroh Aqobah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Membawa barang berlebihan beresiko disita oleh asykar yang menjaga sepanjang perjalanan menuju Jumroh Aqobah

Setelah mabid di Muzdalifah, maka pada pagi hari tanggal 10 Dzulhijjah, setelah menyelesaikan sholat Shubuh, rombongan jama’ah calon haji (JCH) dari Yayasan Multazam mempersiapkan diri untuk tahapan perjalanan berikutnya – menuju Jumroh Aqobah di Mina. Jarak yang harus ditempuh antara Muzdalifah ke Mina sekitar 3 – 6 kilometer (tergantung lokasi mabid di Muzdalifahnya).

Jumroh tempo dulu

Bangunan Tugu/Jumroh tempo doeloe yang ada di Mina – sebagai sasaran lemparan batu JCH pada tanggal 10 Dzulhijjah dan pada hari Tasyrik

Karena satu dan lain hal, perjalanan rombongan JCH Multazam dari Muzdalifah menuju ke lokasi Jamarot di Mina dimulai pada sekitar pukul 06.00 pagi. Menurut ukuran normal, keberangkatan pada pukul 06.00 tersebut sudah sangat terlambat. Seharusnya JCH paling tidak sudah berangkat meninggalkan Muzdalifah menuju ke lokasi Jamarot selambat-lambatnya pada pukul 05.00 dini hari. Hal ini perlu dilakukan agar bisa mencapai lokasi Jamarot pada waktu Dhuha dan setelah melempar Jumroh Aqobah masih mempunyai kesempatan untuk berjalan menuju Masjidil Harom dan melaksanakan Thowaf Ifadhoh serta kembali lagi ke Mina untuk melaksanakan mabid.

Jumroh baru

Bangunan Tugu/Jumroh baru yang ada di Mina – sebagai sasaran lemparan batu JCH pada tanggal 10 Dzulhijjah dan pada hari Tasyrik

Menjelang keberangkatan menuju ke lokasi Jamarot, JCH diingatkan agar barang bawaannya tidak terlalu banyak sehingga tas ransel yang dibawa tidak terlalu kelihatan mencolok. Selain itu, bagi JCH laki-laki disarankan agar kain ihrom atasannya dipakai sedemikian rupa sehingga menutupi ransel bawaannya. Bagi JCH perempuan juga disarankan agar kerudung yang digunakan juga dapat menutupi ransel yang dibawa, bahkan disarankan untuk menggunakan syal tambahan untuk menutupi ransel. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi agar barang bawaannya menjadi tidak terlihat terlalu mencolok oleh Asykar yang berjaga di sepanjang jalan menuju ke lokasi Jamarot. Barang bawaan yang kelihatan mencolok biasanya akan disita oleh Asykar di sepanjang jalan menuju lokasi Jamarot.

Lecet karena jalan kaki

Salah satu cobaan bagi JCH yang melakukan Haji Masyian adalah lecet (blister) di kaki akibat tidak terbiasa jalan jauh. Kalau terjadi di awal perjalanan Masyian, sungguh terasa mengganggu.

Perjalanan menuju lokasi jamarot di Mina secara umum tidak menghadapi masalah yang berarti. Bahkan dalam perjalanan menuju lokasi Jamarot, rombongan JCH dari Yayasan Multazam telah dikawal oleh satu ulama sepuh (Bapak Yusuf [Cak Yusuf]) yang kebetulan juga sedang melakukan perjalanan haji dengan cara masyian (tanazul).

Demikianlah ceritera lanjutan dari etape pertama perjalanan masyian dalam musim haji tahun 1431 H/2010 M. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 54. – Day 27 – Perjalanan Masyian: Perjuangan Melempar Jumroh Aqobah Sebelum Selesai Waktu Dhuha

Previous: Entry 52. – DAY 26 – PERJALANAN MASYIAN: MENUJU MUZDALIFAH

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s