Kiat Penyusunan Proposal Penelitian: Berbagai Pendekatan untuk Meningkatkan Keberhasilan Mendapatkan Pendanaan Bagi Proposal Penelitian

Proposal

Membuat proposal penelitian merupakan langkah awal mendapatkan dana. Menurut saya: "Tidak mau menulis proposal, berarti TIDAK MUNGKIN mendapatkan dana penelitian. Sebaliknya menyelesaikan penulisan dokumen proposal, betapapun kecilnya peluang untuk berhasil, masih ada harapan untuk mendapatkan dana penelitian yang kita inginkan."

Meneliti merupakan salah satu dari tiga unsur dalam Tri-Darma Perguruan Tinggi. Oleh karenanya, hukumnya wajib bagi setiap dosen untuk melakukan kegiatan penelitian. Pertanyaan yang selalu muncul terkait dengan kegiatan penelitian adalah: “Bagaimana dosen bisa meneliti kalau dana penelitiannya tidak punya?”

Untuk bisa mendapatkan dana penelitian, seorang dosen dituntut untuk mampu membuat proposal penelitian. Proposal penelitian yang dibuat pun harus bagus sehingga dapat berkompetisi dengan proposal yang diajukan oleh dosen/peneliti lainnya. Pertanyaannya: “Bagaimana membuat proposal penelitian yang baik? atau yang mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan dana penelitian?”

Jawaban pertanyaan ini tentu saja bisa bermacam-macam. Ada yang menjawab “Perlu ide atau topik penelitian yang up to date (baru),” “Perlu ide atau topik penelitian yang original (asli),” “Perlu ide atau topik penelitian yang menjawab permasalahan pembagunan,” dan sebagainya-dan sebagainya… !

Tentu saja semua jawaban yang dikeukmakan tersebut semuanya benar. Tetapi apakah sekedar ide penelitian yang up to date, original, menjawab permasalahan pembangunan saja pasti menjamin akan mendapatkan dana penelitian? Jawabannya belum tentu menjamin! Mengapa? karena ada banyak faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan mendapatkan pendanaan dari proposal penelitian yang ditulis.

Mau tahu bagaimana menulis suatu proposal yang baik? Mau tahu kiat-kiat menyusun proposal yang berpeluang besar untuk mendapatkan pendanaan? Silakan review beberapa slide berikut ini. Siapa tahu, info dalam slide ini dapat membantu anda menyiapkan dokumen proposal penelitian berikutnya dan membantu memperbesar peluang mendapatkan dana penelitian. Selamat menyiapkan proposal dan selamat berkompetisi.

ian yang ditulis

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Publications, Scientific Seminar, Serbaneka Info and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s