MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 23: BELI MUSHAF AL-QUR’AN, DI MEKAH ATAU MADINAH?

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 45

Barangkali sebagian jama’ah calon haji ada yang Amengalami, yaitu dititipi oleh saudara, kerabat atau teman-temannya untuk dibelikan Mushaf Al-Quran yang dibeli dari Arab Saudi. Mushaf Al-Qur’an yang diinginkan pun kalau bisa jangan yang sederhana sebagaimana yang bisa ditemukan di Indonesia. Kalau bisa yang istimewa-lah, karena akan digunakan untuk keperluah khusus tertentu seperti digunakan sebagai koleksi pribadi atau sebagai mas kawin pernikahan misalnya. Terlebih lagi kalau Mushaf Al-Qur’an tersebut dibeli untuk keperluan pribadi masing-masing JCH, tentulah akan diusahakan untuk mendapatkan dan membelinya sebelum pulang kembali ke Indonesia. Nah… ketika JCH diberi amanah seperti itu, pertanyaannya kemana harus mencarinya?

Bagi JCH yang berangkat melalui Gelombang I (kloter awal), maka rute perjalanannya akan ke Madinah terlebih dahulu, baru ke Mekkah sebelum pulang ke Indonesia. Dalam hal ini, apakah Mushaf Al-Qur’annya harus dibeli di Madinnah dan dibawa ke Mekkah kah? Atau tidak perlu dibeli di Madinah karena akan mencarinya di Mekkah? (dengan resiko, jika di Mekkah tidak ditemukan Mushaf Al-Qur’an yang diinginkan, tidak mungkin lagi untuk kembali ke Madinnah dan membelinya di sana!).

Sebaliknya, bagi JCH yang berangkat melalui Gelombang II (kloter akhir), maka rute perjalanannya akan ke Mekkah terlebih dahulu, baru ke Madinnah sebelum pulang ke Indonesia. Dalam hal ini, apakah Mushaf Al-Qur’annya harus dibeli di Mekkah dan dibawa ke Madinnah kah? Atau tidak perlu dibeli di Mekkah karena akan mencarinya di Madinnah? (dengan resiko, jika di Madinnah tidak ditemukan Mushaf Al-Qur’an yang diinginkan, tidak mungkin lagi untuk kembali ke Mekkah dan membelinya di sana!).

Berdasarkan pengalaman tahun 2010, jika JCH ingin mencari Mushaf Al-Qur’an yang spesial, disarankan untuk mencarinya di Madinah saja dan tidak usah mencarinya di Mekkah. Hal ini didasarkan pada dua alasan, yaitu:

(1)    Di Madinnah dijumpai berbagai macam Mushaf Al-Qur’an yang cocok digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu seperti jika akan digunakan sebagai mas kawin. Banyak variasi bentuk fisik Mushaf Al-Qur’an yang cocok sekali untuk keperluan khusus tersebut sehingga akan memberikan kesan yang sangat dalam bagi calon pengantin perempuan yang mendapatkannya sebagai salah satu mas kawin pernikahannya.

Yang dimaksud dengan variasi bentuk fisik agar jangan disalah-artikan dengan perbedaan isi cetakannya ya… karena insyaAlloh cetakan Al-Qur’an yang dijual di Saudi Arabia tentulah sudah melalui penyaringan untuk mendeteksi isi yang menyimpang. Variasi bentuk fisik disini lebih kepada bentuk tempat penyimpan Mushaf Al-Qur’annya yang diberi hiasan dalam berbagai variasi bentuk fisik. Wadah penyimpannya ada yang berupa bangunan Ka’bah, kotak berhias yang sangat cantik, atau bentuk-bentuk lainnya yang menarik.

(2)    Di Madinnah harga Mushaf Al-Qur’an yang dijajakan insyaAlloh jauh lebih murah dibandingkan dengan model yang sama yang dijual di Mekkah. Mushaf Al-Qur’an untuk keperluan khusus seperti sebagai mas kawin, harganya bisa 1.5-2.0 kali lipat ketika di beli di Mekkah dibandingkan dengan jika dibeli di Madinnah. Selain itu, model Mushaf Al-Qur’an apa saja yang ada di Mekkah, insyaAlloh juga dapat dijumpai di Madinnah sehingga untuk urusa yang satu ini, tidak perlu khawatir tidak akan menjumpai model yang diinginkan di kota Madinnah.

Kesimpulannya, jika JCH menginginkan Mushaf Al-Qur’an untuk tujuan apapun, disarankan untuk mencari dan membelinya di Madinnah. Di Madinnah, Mushaf Al-Qur’an dapat ditemui dalam berbagai versi bentuk fisik yang menarik untuk dijadikan sebagai koleksi atau dijadikan sebagai mas kawin. Selain itu, harga Mushaf Al-Qur’an yang dijual di Madinnah relatif lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di Mekkah, dengan kualitas yang relatif sama. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 46 – Mekkah al-Mukarommah – Day 24: Wakaf Mushaf Al-Qur’an.

Previous: Entry # 44 – MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 23: TITIPAN DOA – BEBAN ATAUKAH KEBAROKAHAN?

(Mekkah, 12 November 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 23: BELI MUSHAF AL-QUR’AN, DI MEKAH ATAU MADINAH?

  1. Irfan Farda says:

    Tolong Informasinya Toko di Indonesia yang Menjual Mushaf Madinah kalau bisa yang menjual secara online, terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s