MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 24: KERETA API KE AROFAH DAN MINA

Jalan KA ke Mina

Bangunan jalan kereta api dari Mekah menuju Arofah dan Mina telah selesai dibangun dan sedang diuji coba pada musim haji 2010. Operasional Kereta Api ke Arofah dan Mina diperkirakan dimulai tahun 2012.

Jika JCH mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada tahun 2012, insyaAlloh perjalanan dari Jeddah atau dari Madinnah ke Mekkah atau perjalanan dari Mekkah ke Arofah, Muzdalifah, dan Mina mungkin tidak lagi sesusah saat sebelum tahun tersebut. Pada tahun 2012, mega proyek pembuatan jalur kereta rel listrik (KRL) yang menghubungkan berbagai lokasi tersebut diharapkan sudah dapat diselesaikan dan operasionalisasi angkutan kereta api akan sudah diresmikan.

Rangkaian KA

Rangkaian kereta api untuk angkutan jama'ah calon haji dari Mekah ke Arofah dan Mina.

Pada tahun 2010 ini bahkan pembangunan infrastruktur jalur rel kereta yang menghubungkan antara Mekkah, Arofah, Muzdalifah dan Mina bahkan sudah terselesaikan. Uji coba operasi pengangkutan jama’ah calon haji (JCH) juga sudah mulai dilakukan pada musim haji tahun 2010. Namun demikian, berdasarkan rumor yang beredar, uji coba layanan perjalanan kereta api pada tahun 2010 masih dikhususkan bagi penduduk Arab Saudi yang ingin melaksanakan ibadah haji. Lebih lanjut, rumor yang beredar menyatakan bahwa untuk menikmati agkutan kereta api dari Mekkah – Arofah – Muzdalifah – Mina dan kembali ke Mekkah, dikenakan biaya sebesar SR. 250 per orang. Namun demikian pada tahun 2010, JCH dari negara lain, termasuk Indonesia, belum dapat dilayani dengan menggunakan angkutan kereta api tersebut.

Kereta api

Proses transportasi gerbong kereta api dari pabrik perakitan ke Arab Saudi lewat jalur laut.

Bentuk kereta api yang rencananya digunakan untuk mengangkut JCH dapat dilihat dalam berbagai foto yang disajikan dalam posting ini. Gambar tersebut menunjukkan model kereta api yang akan digunakan untuk mengangkut JCH dari Jeddah atau dari Madinnah ke Mekkan PP. Bentuk kereta yang sudah operasional untuk mengangkut JCH dari Mekkah ke Arofah – Muzdalifah – Mina dan kembali ke Mekkah kebetulah tidak berhasil didapatkan karena ketika kereta lewat selalu pas waktu malam hari sehingga tidak dapat difoto dengan baik.

Kereta Api Arofah

Proses transportasi gerbong kereta api dari pelabuhan ke stasiun kereta melewati jalan darat.

Namun demikian, dari infrastruktur yang disiapkan, kelihatannya mirip dengan konstruksi kereta rel listrik (KRL) Jabotabek yang melayani penumpang dari Jakarta – Bogor dan daerah sekitarnya. Pada gambar yang disajikan dapat dilihat representasi instrastruktur rel kereta api yang telah operasional untuk mengangkut JCH dari Mekkan – Arofah – Muzdalifah – Mina dan kembali ke Mekkah. Di gambar tersebut jelas terlihat adanya kabel listrik sebagaimana yang dapat dilihat di jalur KRL Jabotabek. Moga-moga saja memberi kesempatan untuk pergi haji lagi atau melaksanakan umroh pada tahun-tahun yang aka datang sehingga mendapatkan kesempatan mencoba dan menikmati layanan angkutan kereta api yang nyaman dari Jeddah atau Madinnah menuju Mekkah dan dari Mekkah menuju ke Arofah – Muzdalifah – Mina dan kembali ke Mekkah, InsyaAlloh… amiin 313x. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 48 – Day 24 – Pilihan Perjalanan Haji: Antara Masyian (Tanazul – Jalan Kaki) versus Rokiban (Berkendaraan)

Previous: Entry # 46 – MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 24: WAKAF MUSHAF AL-QUR’AN

(Mekkah, 13 November 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s