Kiat Penyusunan Presentasi POSTER: Berbagai Pendekatan untuk Meningkatkan Keberhasilan Menarik Perhatian Viewer dan Meraih POSTER Presentation Award

Berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah merupakan kegiatan rutin dosen perguruan tinggi. Namun demikian, rasanya sungguh sayang kalau berpartisipasi hanya sebagai audiens dalam pertemuan ilmiah. Untuk itu, hukumnya wajib bagi setiap dosen yang hadir dalam pertemuan ilmiah untuk mempresentasikan hasil kegiatan penelitiannya. Postingan ini membantu menjawab pertanyaan bagaimana menyiapkan presentasi hasil penelitian dalam bentuk POSTER.

Presentasi dalam pertemuan ilmiah merupakan salah satu alternatif diseminasi hasil kegiatan penelitian. Biasanya, organizer pertemuan ilmiah memberi alternatif “Presentasi Oral” atau “Presentasi POSTER.” Pertanyaan yang kadang muncul antara lain: “Saya tidak ‘PD’ jika harus presentasi oral di hadapan audiens yang hadir di pertemuan ilmiah (lebih lagi kalau bahasa pengantarnya Bahasa Inggris)” atau “Hasil penelitian saya masih belum sempurna sehingga saya tidak berani menyampaikannya.” Atau alasan lainnya yang bisa dibuat oleh masing-masing diri kita untuk tidak berpartisipasi aktif dalam pertemuan ilmiah sebagai penyaji.

Presentasi POSTER kemungkinan akan menjadi trend (arah) penyampaian hasil penelitian di masa yang akan datang. Kalau di pertemuan ilmiah internasional, presentasi POSTER sudah menjadi pola yang dipilih karena banyaknya partisipan dan terbatasnya waktu. Sebaliknya, di tingkat nasional – Presentasi Oral seringkali masih dipaksakan meskipun seringkali berakibat pada ambur-adulnya pengorganisasian sesi-sesi dalam pertemuan ilmiah. Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah partisipan pertemuan ilmiah, pilihan presentasi POSTER barangkali harus disarankan.Apalagi presentasi POSTER dapat igunakan untuk menyampaikan hasil penelitian yang masih dalam proses penyelesaian (belum lengkap).

Untuk bisa menyiapkan presentasi POSTER, seorang dosen dituntut untuk mampu memvisualisasikan hasil penelitiannya ke dalam luasan kertas yang terbatas dan dalam ukuran tulisan yang terbaca (legible) dari jarak minimal 1.5 m. Presentasi POSTER harus dibuat seinformatif mungkin tetapi juga semenarik mungkin agar dapat berkompetisi dan bahkan memenangkan POSTER Presentation Award yang biasanya disediakan oleh organizer. Pertanyaannya: “Bagaimana membuat POSTER Presentation yang baik? atau yang mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menarik perhatian viewer dan bahkan memenangkan POSTER Presentation Award?”

Mau tahu bagaimana strateji membuat poster? Mau tahu kiat-kiat penyiapan poster yang berpeluang besar untuk mendapatkan perhatian dari viewer atau bahkan memenangkan Best POSTER Presentation Award? Silakan review beberapa slide berikut ini. Siapa tahu, info dalam slide ini dapat membantu anda menyiapkan poster yang berisi hasil penelitian dan membantu memperbesar peluang mendapatkan perhatian viewer (Ingat, salah satu dari mereka viewer bisa jadi adalah potential kolaborator dalam penelitian anda di masa depan!). Selamat menyiapkan poster dan selamat berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Poster Presentation, Publications, Scientific Seminar, Serbaneka Info and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kiat Penyusunan Presentasi POSTER: Berbagai Pendekatan untuk Meningkatkan Keberhasilan Menarik Perhatian Viewer dan Meraih POSTER Presentation Award

  1. Pingback: Q & A: Bagaimana Mendapatkan Informasi Tentang Penyiapan Abstrak/Poster/Makalah Lengkap untuk Temu Pakar Bioteknologi 2012? | Pakar Bioteknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s