MEKKAH AL-MUKAROMAH – DAY 11: SAI SHOFA – MARWA

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 31

Sai Shofa Marwa

Lokasi tempat Sai di antara bukit Shofa dan Marwa. Pada saat mendekati waktu Wukuf di Arofah, banyak sekali JCH yang melakukan Sai Shofa-Marwa sehingga lokasi tersebut menjadi penuh sesak.

Rombongan jama’ah calon haji (JCH) warga Yayasan Multazam dari Bogor yang berangkat dalam Kloter 02/JKS telah menyelesaikan rangkaian kegiatan ibadah di Madinah pada tanggal 19 Oktober 2010 dan melanjutkan perjalanan ke Mekkah pada tanggal 20 Oktober 2010. Karena akan mengambil Haji Tammatu’, sejak berangkat dari Madinah sudah berpakaian ihrom dan mengambil miqot di Bir Ali. Kegiatan ibadah pertama yang akan dilakukan setelah sampai di Mekkah dan Masjidil Harom adalah melaksanakan rangkaian ibadah Umroh, yang terdiri atas: Thowaf untuk Umroh yang disatukan sekaligus dengan Thowaf Khudum (satu gerakan dengan dua niat) dan dilanjutkan dengan Sai Shofa-Marwah. Untuk masalah thowaf, sudah disampaikan dalam beberapa posting sebelumnya sehingga tidak diulas lagi. Tinggal masalah Sai Shofa – Marwah yang disampaikan dalam posting kali ini.

Begitu selesai thowaf (rangkaian tujuh putaran ditutup dengan sholat sunnah 2 reka’at di belakang Maqom Ibrohim) dan seluruh JCH warga Yayasan Multazam berkumpul kembali di lokasi tangga – lurusnya Ka’bah dan Maqom Ibrohim, maka seluruh JCH warga Yayasan Multazam bersama-sama melanjutkan ke garis lurusnya Hajar Aswad untuk isyaroh ke Hajar Aswad dan bersama-sama bergerak menuju ke Bukit Shofa untuk memulai Sai Shofa-Marwah.

Saat ini yang menjadi tempat Sai dari bukit Shofa ke bukit Marwah sudah tidak lagi seperti bukit aslinya. Tempat Sai sudah dibangun menjadi 4 tingkat (lantai dasar, lantai 1, 2, dan 3) di mana para JCH dapat melakukan Sai Shofa-Marwah. Ditambah lagi, dalam kondisi yang padat, JCH juga bisa melakukan Sai Shofa -Marwah di basement (lantai bawah tanah) dari jalur Sai. Namun demikian, kebanyakan JCH melakukan Sai Shofa-Marwah di lantai dasar. Di lantai berapa sebenarnya yang paling afdhol dalam melakukan Sai Shofa-Marwah? Wallohu a’lam. Yang jelas, pemerintah Kerajaan Saudi Arabia, dalam rangka mengantisipasi banyaknya JCH yang datang setiap tahunnya, telah menyediakan fasilitas 4 tingkat bagi para JCH sebagai tempat untuk melakukan Sai Shofa-Marwah. Kami sendiri secara pribadi dan JCH warga Yayasan Multazam dari Bogor memilih lantai dasar sebagai tempat Sai Shofa-Marwah.

Berbeda dengan yang kami lihat pada tahun 1997 dan 2005, yang masih tersisa dari Bukit Shofa pada tahun 2010 ini sudah dipasangi dengan pagar dari kaca sehingga JCH yang ingin menginjak langsung sisa batu Bukit Shofa sambil berdoa sudah tidak memungkinkan lagi. Yang masih bisa dilakukan ketika berada di Bukit Shofa adalah berdiri sedekat mungkin dengan pagar kaca sebelum berdoa. Kita hanya bisa melihat batu-batu sisa bukit Shofa dari balik pagar kaca di lantai dasar. Bukit Shofa merupakan salah satu tempat di Masjidil Harom yang makbul untuk berdoa.

Lampu hijau yang mengindikasikan lokasi wadi diantara bukit Shofa dan bukit Marwah pada tahun 2010 ini masih sama dengan yang kami ingat pada tahun 1997 dan 2005. Di lokasi ini, JCH laki-laki disunnahkan untuk lari-lari kecil ketika melakukan Sai Shofa – Marwah.

Untuk lantai dasar, kondisi Bukit Marwah juga masih sama dengan yang kami ingat pada tahun 1997 dan 2005. Batu yang tersisa dari Bukit Marwah, jika kita menghadap Bukit Marwah, berada di sisi kiri kita. Itu pun sudah tidak berbentuk bukit tetapi berupa permukaan batu yang hampir rata dengan marmer lantai dasar. Bagi JCH yang ingin menginjak bukit Marwah sambil berdoa dapat melakukannya di sini. Seperti halnya Bukit Shofa, Bukit Marwah juga merupakan salah satu tempat di Masjidil Harom yang makbul untuk berdoa.

Alhamdulillah, rombongan JCH warga LDII dari Bogor telah berhasil melakukan Sai Shofa – Marwah dengan lancar dan tanpa halangan yang berarti. Tahahul segera dilakukan setelah menyelesaikan Sai Shofa – Marwah sebagai tanda berakhirnya rangkaian ibadah umroh kali ini. Namun demikian, tanpa terasa hari sudah menunjukkan pukul 00.30 dini hari ketika semua rombongan JCH warga Yayasan Multazam berkumpul kembali di Pintu Marwah, yang dijadikan sebagai konsensus tempat berkumpul kembali setelah menyelesaikan Sai Shofa – Marwah. Selanjutnya, rombongan JCH bersama-sama kembali ke pemondokan dengan mencarter taksi.

Duh… sungguh terasa penat dan lemah benar tubuh ini. Dari sejak pagi tanggal 20 Oktober, kami berkendaraan dari Madinah ke Mekkah, mencari, menemukan dan mengumpulkan barang-barang bawaan dari Madinah, mengatur pembagian dan penempatan JCH ke kamar hotel/pondokan, serta melakukan thowaf di Baitullah dan Sai Shofa – Marwah hingga berakhir pukul 00.30. Namun demikian, semua anggota rombongan JCH warga Yayasan Multazam dari Bogor merasa bersyukur bahwa hari ini semua rangkaian ibadah umroh telah berhasil diselesaikan. Moga-moga Alloh memberikan kebarokahan atas usaha para JCH warga Yayasan Multazam dalam mempersungguh melaksanakan ibadah Umroh kali ini. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 32 – Mekkah Al-Mukaromah – Day 12: Catatan Tambahan Tentang Sai Shofa – Marwa

Previous: Entry # 30 –

(Mekkah al-Mukarommah, 31 Oktober 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s