MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 16: ANTARA ADZAN DAN SHOLAT DI MASJIDIL HAROM

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 36

Menunggu waktu sholat

Suasana di halaman sekitar bangunan Ka'bah (Baitulloh) yang penuh dengan JCH, terutama ketika menjelang waktu sholat wajib berjama'ah.

Ketika masih di Madinah dan melaksanakan sholat wajib di Masjid Nabawi, jarak waktu antara adzan dan qomat sebagai tanda dimulainya sholat bisa mencapai kurang lebih antara 15 – 20 menit. Dengan demikian, dari dikumandangkannya adzan masih ada cukup banyak waktu menunggu sebelum dimulainya sholat wajib.

Hal ini membuat Jama’ah Calon Haji (JCH) yang lokasi pondokannya agak jauh dari Masjid Nabawi tetap dapat mengikuti sholat wajib berjama’ah meskipun ketika berangkat dari pondokan sudah terdengar suara adzan. Pol-polnya terlambat, JCH masih akan mendapatkan satu atau dua reka’at secara berjama’ah.

Untuk Masjidil Harom, terjadi hal yang berbeda untuk jarak waktu antara adzan dan qomat. Di Masjidil Harom, adzan untuk sholat wajib selalu dengan segera diikuti oleh qomat sebagai tanda dimulainya sholat wajib. Dengan demikian, tidak banyak waktu yang tersedia bagi JCH untuk mengikuti sholat berjama’ah jika sudah mendengar suara adzan dan yang bersangkutan masih ada di luar Masjidil Harom. Karena besar kemungkinan yang bersangkutan tidak bisa mengikuti sholat berjama’ah di dalam Masjidil Harom. Kalaupun mau mengikuti sholat berjama’ah, maka JCH harus mengambil tempat di halaman di luar Masjidil Harom.

Oleh karena itu, jika ada di Mekkah dan ingin ikut sholat berjama’ah di, jangan berlambat-lambat datangnya ke Masjidil Harom. Datanglah sebelum adzan panggilan sholat dikumandangkan. Dengan demikian JCH masih ada waktu untuk mencari tempat di dalam masjid dan melakukan sholat-sholat sunnah terlebih dahulu. Sebagai insentif untuk mempersungguh, sholat di Masjidil Harom pahalanya 100 ribu kali pahala sholat di Indonesia. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 37 – Mekkah al-Mukarommah Day 17: Sholat Jum’at di Masjidil Harram.

Previous: Entry #35 – MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 15: ZIAROH DI SEKITAR MEKKAH

(Mekkah al-Mukarommah, 5 November 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s