MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 19: SHODAQOH MAKANAN (ROTI) SATU CONTAINER

Prof. Sudarsono’s Jurnal Perjalanan Haji 2010 – Entry # 39

Shodaqoh satu container

Semangat yang tinggi dalam bershodaqoh tercermin dari banyaknya makanan yang dibagikan gratis kepada JCH. Makanan (roti, kue, dan minuman) yang disediakan setiap hari sebanyak lebih dari satu container. Biasanya lokasinya pas di depan terowongan yang menuju ke Aziziyah.

Dalam posting sebelumnya telah kami uraikan semangat bershodaqoh di kalangan jama’ah calon haji (JCH) yang datang ke Masjid Nabawi, Madinah. Namun demikian di Madinah, kami belum pernah menjumpai orang yang bershodaqoh makanan sebanyak satu kontainer.

Ketika kami sampai di Masjidil Harom, Mekkah, keinginan untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri keberadaan orang yang bershodaqoh makanan sebanyak satu kontainer akhirnya terkabulkan. Di Masjidil Harom, kami melihat sendiri, dari pagi hingga siang hari (sampai stok makanannya habis), sebuah lembaga swadaya masyarakat yang didanai oleh seorang donatur dari Saudi Arabia selalu membagikan makanan kepada JCH yang mau, sebanyak satu truk kontainer besar.

Antri pembagian makanan

Antri pembagian makanan (Roti, kue, dan minuman) di sekitar Masjidil Harram. Makanan dibagikan gratis kepada JCH yang menginginkan.

Kalau dihitung barangkali jumlah makanan yang dibagikan mencapai puluhan ribu paket. Tiap paket makanan yang dibagikan umumnya terdiri atas satu botol air minum, satu kotak jus, dan tiga atau empat bungkus kue-kue yang umum dijumpai di Saudi Arabia. Kalau dihitung harganya, satu paket makanan kira-kita bernilai antara SR. 5 – 10.

Shodaqoh makanan sebanyak satu kontainer tersebut dilakukan setiap hari, dan dilakukan selama lebih dari 15 hari berturut-turut. Wah… wah… berapa ya biaya yang diperlukan untuk melakukan shodaqoh makanan sebanyak itu? Tetapi jika tahu pahala yang akan didapatkan, memang bagi yang mampu, tidak akan pusing-pusing memikirkan berapa biaya yang diperlukan. Kita semua tahu bahwa shodaqoh di tanah harom akan mendapatkan kefadholan yang berupa lipatan pahala dibandingkan dengan shodaqoh di luar tanah harom. Melihat pahala yang dijanjikan maka orang yang memang mau dan mampu tidak akan berfikir panjang lagi untuk bershodaqoh di tanah harom.

Makanan yang dibagikan

Setiap JCH yang menginginkan akan mendapatkan satu kotak yang berisi roti, kue, dan minuman. Makanan tersebut dibagika secara gratis bagi JCH yang mau mengantri.

Bagaimana dengan kita JCH Indonesia yang mungkin datang ke Masjidil Harom dengan dana pas-pasan? Bagaimana mungkin JCH dari Indonesia melakukan shodaqoh dalam magnitude sedemikian besar? Ya jelas tidak mungkin lah… ! untuk meniru apa yang mereka lakukan tersebut.

Tapi ada yang bisa JCH lakukan loh… ! paling tidak untuk menularkan semangat bershodaqoh dalam diri JCH masing-masing. Biasanya ketika JCH antri untuk mendapatkan shodaqoh makanan tersebut, seringkali kita mendapat bagian 2 atau 3 kotak. Nah… jangan dimakan sendiri kedua atau tiga kotak makanan tersebut. Bagi-bagikanlah kepada JCH lain yang kebetulan tidak mengantri atau JCH lainnya yang mau.

Lumayan kan… meskipun tidak keluar uang, tapi bisa melakukan shodaqoh dengan barang yang didapat dari shodaqohnya orang lain. Yang penting untuk digarisbawahi adalah bagaimana agar semangat bershodaqoh yang ditunjukkan oleh orang-orang Mekkah tersebut dapat menular pada diri kita. Apalagi kalau semangat bershodaqoh tersebut terus kita bawa ketika pulang ke Indonesia, InsyaAlloh akan banyak barokahnya.

Demikian informasi kebenaran ceritera tentang orang yang bershodaqoh satu kontainer di Mekkah. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 40 – Mekkah al-Mukarommah Day 20: Latta Zaman Moderen – yang Bukan Berhala.

Previous: Entry # 38 –MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 18: TEMPAT BERDOA VERSUS WAKTU BERDOA YANG MAKBUL

(Mekkah al-Mukarommah, 8 November 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s