MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 6: HOTEL DAN TRANSPORTASI HAJI 2010

Haji 2010 – Jurnal Perjalanan: Entry # 26

Hotel & Transport

Hotel tempat JCH rombongan dari Yayasan Multazam menginap dengan latar depan salah satu Bus sarana transportasi dari Hotel menuju Masjidil Harram.

Jama’ah calon haji (JCH) dari Indonesia ditempatkan di pondokan/hotel dengan jarak antara 2 km sampai dengan sekitar 7 km di sekitar Masjidil Harom. Kami tidak tahu bagaimana kondisi pondokan/hotel dan transportasi dari seluruh JCH asal Indonesia. Yang dapat kami sampaikan adalah kondisi pondokan/hotel dan transportasi yang dialami oleh JCH dari kloter 02/JKS dan lokasi yang ada di sekitar kami.

Diantara tiga lokasi yang posisinya searah dengan Aziziyah, yaitu: Aziziah Janubiyah, Aziziyah Syimaliyah dan Syisyah – maka kondisi pondokan/hotelnya relatif baik. Di pondokan/hotel yang ditempati oleh JCH kloter 02/JKS, yaitu Hotel Marwah yang lokasinya di Aziziyah – Janubiyah No. 418, menurut penilaian kami kamarnya paling tidak tergolong hotel Bintang 4 tetapi setiap kamar diisi oleh antara 3 – 7 JCH. Jarak antara hotel ke Masjidil Harom sekitar 3 – 4 km.

Di hotel Marwah, masing-masing kamar tersedia pantry dengan teko elektrik untuk memasak air. Jika JCH membawa peralatan masak elektrik (kompor listrik, rice cooker, dll.) maka bisa memasak makanan di pantry. Sebagai bonus, untuk setiap lantai hotel Marwah disediakan dua mesin cuci yang dapat dipakai secara bergantian oleh JCH. Hal ini sangat membantu JCH dalam kegiatan cuci-mencuci meskipun seringkali harus mengantri untuk mendapatkan giliran menggunakan mesin cucinya.

Posisi hotel tempat kloter 02/JKS berada relatif strategis karena dilewati oleh transportasi bus dari terminal Mahbaz Jin ke arah Aziziyah Janubiyah, dengan frekuensi datang dan pergi yang cukup tinggi. Tetapi untuk pergi ke Masjidil Harom, dari terminal Mahbaz Jin harus berganti dengan bis jurusan Masjidil Harom.

Meskipun jumlah bus cukup banyak, pada jam-jam tertentu jumlah jama’ah pengguna jauh melebihi daya angkut bus yang tersedia sehingga harus menunggu giliran terangkut dalam waktu cukup lama. Dalam hal ini, jalan kaki langsung dari hotel ke Masjidil Harom dapat menjadi alternatif yang dipilih dibandingkan lama menunggu bus datang.

Kondisi transportasi ke wilayah di Aziziyah Syimaliyah tidak sebagus ke Janubiyah. Selain lokasi ke Syimaliyah lebih jauh, frekuensi kedatangan bus ke lokasi pondokan juga relatif lebih jarang sehingga ratio jumlah jama’ah yang akan diangkut dengan bus yang datang lebih besar. Akibatnya, banyak jama’ah yang harus menunggu lama sebelum terangkut ke Masjidil harom. Kondisi di Syisyah kurang lebih sama dengan Syimaliyah.

Informasi JCH yang berasal dari Kabupaten Bogor, pondokannya berada dalam radius 2 km dari Masjidil Harom (Ring 2). Untuk pondokan JCH tersebut tidak tersedia transportasi dari pondokan ke Masjidil Harom atau sebaliknya, sehingga JCH tersebut perlu mengatur transportasi sendiri dengan biaya SR. 2 per perjalanan atau berjalan kaki menuju ke Masjidil Harom. Untuk urusan makan, JCH dari rombongan Kabupaten Bogor (sebagian atau semuanya, kurang jelas infonya!) mengorder catering dari Hud dengan biaya SR. 20 per hari (makan 3x).

Jama’ah calon haji dari kloter 2/JKS, di kloter JCH warga dari Yayasan Multazam dari Kota Bogor berada, merasa beryukur alhamdulillah karena diberi pemondokan yang barokah, tidak terlalu jauh dari Masjidil Harom dan transportasinya relatif mudah. Kedua hal tertsebut sangat membantu pelaksanaan program ibadah JCH warga dari Yayasan Multazam, Kota Bogor yang tergabung dalam kloter 02/JKS. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 27 – Mekkah al-Mukarommah Day 7: Thowaf – Part 1.

Previous: Entry # 25 – MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 5: SCIENTIFIC FACT SEKITAR MASJIDIL HAROM – PART 4.  Mengapa Selambu Ka’bah Berwarna Hitam?

(Mekkah al-Mukarommah, 26 Oktober 2010)


About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s