MEKKAH AL-MUKAROMMAH – DAY 2: SCIENTIFIC FACT SEKITAR MASJIDIL HAROM – Part 1 Mengapa di Masjidil Harom Tidak Dipasang Karpet?

Haji 2010 – Jurnal Perjalanan: Entry # 22

Masjidil Harram

Salah satu sisi bangunan dari Masjidil Harram dengan lantai dari marmer. Umumnya, di Masjidil Harram lantainya tidak berkarpet. Lain dengan Masjid Nabawi yang sebagian besar lantainya selalu ditutupi oleh karpet warna merah.

Bagi jama’ah calon haji (JCH) yang datang ke Mekkah tahun 2010 dan sudah mendatangi Masjid Nabawi dan Masjidil Harom, mungkin bisa membandingkan bagaimana kondisi kedua masjid ini. Salah satu hal yang berbeda antara kedua masjid tersebut adalah: (1) di Masjid Nabawi – di lantainya selalu digelar karpet tebal berwarna merah. (2) Sebaliknya, di Masjidil Harom – tidak satu lembar karpetpun yang dijumpai digelar diatas lantai marmernya?

Apakah perbedaan tersebut akibat manajemen bagian cleaning servicenya yang berbeda atau karena jumlah JCH yang datang ke Masjidil Harom jauh lebih banyak dibandingkan ke Masjid Nabawi, sehingga tidak efisien jika dipasang karpet (biaya operasional carpet cleaningnya akan terlalu besar!). Apakah salah satu dari dua penjelasan tersebut yang menyebabkan di Masjidil Harom tidak dipasang karpet? atau ada penjelasan lain?

Masjid Nabawi

Aktivitas di salah satu bangunan Masjid Nabawi. Tidak seperti di Masjidil Harram, lantai Masjid Nabawi meskipun terbuat dari marmer - selalu dilapisi dengan karpet merah.

Well… dua penjelasan tersebut bukanlah jawaban dari pertanyaan mengapa di Masjid Nabawi dipasang karpet sedangkan di Masjidil Harom tidak. Penjelasan ilmiah dari pertanyaan tersebut berkaitan dengan arah kiblat yang berbeda kondisinya bagi kedua masjid tersebut.

(1)    Kalau di masjid Nabawi – arah kiblat hanya satu yang menuju Ka’bah. Dengan demikian, karpet standar dapat dipasang dan shofnya dibuat dengan arah dan jarak tertentu. Misalnya, pada karpetnya dibuat pola garis dengan jarak 1.5 m sebagai indikator shof sholat. Maka bongkar pasang karpet dan pengaturan tanda shof sholat akan dapat dilakukan tanpa kesulitan.

(2)    Lain halnya dengan di Masjidil Harom, yang walaupun arah kiblatnya sama-sama ke arah Baitulloh (Ka’bah) tetapi dalam prakteknya arah kiblat tersebut membentuk garis melingkar memutari Ka’bah. Dengan demikian, jika akan dipasang karpet maka akan tidak praktis untuk membuat tanda shof sholatnya. Membuat disain karpet dengan pola garis sebagai tanda shof sholat yang mengarah ke kiblat di Masjidil Harom akan menjadi tidak praktis. Proses bongkar pasang karpetnya juga akan membawa kesulitan karena karpetnya harus dipasang ditempat tertentu agar garis shof sholatnya pas. Oleh karena itu, yang paling aman ya tidak usah dipasangi karpet. Tanda shof sholat yang sesuai dengan arah kiblat telah dibuat permanen dalam bentuk pemasangan marmer berwarna lebih gelap atau pembuatan garis shof permanent di lantai marmenya. Dengan demikian, shof atau barisan sholat dari jama’ah sholat yang ada di Masjidil Harom akan teratur sesuai dengan posisinya relatif terhadap Ka’bah.

Demikian penjelasan ilmiah (weh… weh…!) tentang pertanyaan mengapa di Masjid Nabawi dipasang karpet sedangkan di Masjidil Harom tidak. Jawabannya berkaitan dengan arah kiblat yang berbeda situasi dan kondisinya dari dua masjid tersebut. Moga-moga Alloh SWT paring manfaat dan barokah dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Next: Entry # 23 – Mekkah al-Mukarommah Day 3: Scientific Fact Sekitar Masjidil Harom – Part 2.

Previous: Entry # 21 – MEKKAH AL-MUKAROMAH – DAY 1:  BAITULLOH (KA’BAH) – PART 3.

(Mekkah al-Mukarommah, 22 Oktober 2010)

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s