BREAKING NEWS – Part 4: Kriteria Jurnal Ilmiah Internasional Menurut Versi DIKTI – Penting untuk Mahasiswa S3 di IPB atau Universitas Lainnya di Indonesia

Sesuai dengan ketentuan baru yang diberlakukan oleh DIKTI, sebelum dinyatakan lulus, mahasiswa S3 (PhD.) diwajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah Internasional. Pertanyaannya, (1) Apakah tidak terlalu berat bagi mahasiswa S3 dan bagi dosennya? (2) Apakah mungkin hal tersebut dilakukan? (3) Apakah mahasiswa dan dosen dari Indonesia bisa menembus dan mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah internasional? (4) dan lain-lain pertanyaan yang mungkin muncul di benak anda masing-masing.

Menilik Kriteria Jurnal Internasioan (KJI) yang dikeluarka oleh DIKTI, jawaban pertanyaan di atas mungkin tidak sesulit yang kita bayang-bayangkan. Dalam ketentuan DIKTI tentang 19 Kriteria Jurnal Internasional : (a) tidak ada keharusan untuk mempublikasikan hasil penelitian S3 di “Jurnal Luar Negeri,” (b) yang penting bukan Jurnal yang dikeluarkan oleh Jurusan, Fakultas, Universitas atau lembaga – yang mencerminkan kelokalan, (c) harus ter-indeks oleh Current Content atau sejenisnya, dan (d) mempertimbangkan (Baca: tidak ada keharusan!) impact factor.

Dengan demikian Jurnal terbitan di Indonesia atau Jurnal skala regional, sepanjang memenuhi 19 persyaratan Kriteria Jurnal Internasional – dapat menjadi alternatif tempat bagi mahasiswa S3 untuk mempublikasikan naskahnya dan menjadikannya sebagai syarat kelulusan (Publikasi Internasional).

Berikut adalah Kriteria Jurnal Internasional berdasarkan informasi dari DIKTI. Jurnal Ilmiah Internasional mempunyai kriteria sebagai berikut :

  1. Bahasa yang digunakan adalah bahasa PBB (Inggris, Perancis, Spanyol, Arab, Cina).
  2. Pengelolaan naskah sedemikian rupa sehingga naskah yang diterima cepat terbit (rapid review) dan ada keteraturan terbit.
  3. Jurnal berkualitas (prestige), bisa dilihat dari daftar penelaah naskahnya dan Editorial Board-nya yaitu pakar di bidangnya dalam dan luar negeri.
  4. Dibaca oleh banyak orang di bidangnya, bisa dilihat dari distribusi/peredarannya (circulation).
  5. Menjadi acuan bagi banyak peneliti (citation).
  6. Tercantum dalam Current Content dan sejenisnya (di PDII ada juga majalah abstrak yang disebut Fokus, tapi berbahasa Indonesia).
  7. Artikel yang dimuat berkualitas, bisa dilihat dari kemutakhiran topik dan daftar acuannya.
  8. Penyumbang artikel/naskah berasal dari banyak negara
  9. Penelaah berasal dari banyak negara yang terkemuka di bidangnya.
  10. Menawarkan off-prints/reprints.
  11. Terbit teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  12. Penerbitan jurnal tidak terkendala oleh dana.
  13. Bukan jurnal Jurusan, Fakultas, Universitas atau Lembaga yang mencerminkan derajat kelokalan.  Seyogyanya diterbitkan oleh himpunan profesi.
  14. Memberi kesempatan penulis artikel membaca contoh cetak
  15. Artikel yang dominan (kalau bisa > 80%), berupa artikel orisinil (hasil penelitian), bukan sekadar review atau ulasan.
  16. Kadar sumber acuan primer >80%, derajat kemutakhiran acuan >80%.
  17. Tersedia Indeks di setiap volume.
  18. Ketersediaan naskah tidak  menjadi masalah. Angka penolakan ± 60%
  19. Mempertimbangkan Impact Factor, yaitu :Faktor ini dihitung tahunan. Contoh Impact Factor beberapa jurnal pada tahun 1993:
  • Cell 37.192;
  • Nature 22.326;
  • EMBO Journal 13.208;
  • Eur J Biochem 3.306;
  • Appl Biochem Biotech 0.731.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Info Dikti, News from PMB Lab, Publications and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to BREAKING NEWS – Part 4: Kriteria Jurnal Ilmiah Internasional Menurut Versi DIKTI – Penting untuk Mahasiswa S3 di IPB atau Universitas Lainnya di Indonesia

  1. m.subandi says:

    uraian baik sekali, good luck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s