Anda Seorang PNS? Anda atau Istri Anda Mempunyai Kegiatan Bisnis Sampingan? Jika Jawaban dari Dua Pertanyaan Tersebut Adalah YA! Berhati-hatilah, Karena Anda Dapat Terkena Sangsi Hukum!

Bisnis vs PNS

Menurut Peraturan Pemerintah, ternyata setiap PNS Golongan IVa ke atas tidak boleh terlibat dengan bisnis apapun. Melanggar aturan ini bisa kena sangsi hukum?

Jika anda seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anda atau istri anda mempunyai kegiatan bisnis sampingan, maka tanpa terasa ada sudah melanggar peraturan dan bisa dikenakan sangsi hukum tertentu! Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang peraturan ini atau meskipun tahu tidak mau mengikutinya.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 1974 tentang Pembatasan Kegiatan Pegawai Negeri dalam Usaha Swasta – para PNS tidak boleh melakukan usaha di luar pekerjaannya sebagai PNS. Ketentuan ini dipertegas kembali oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

Dalam ketentuan PP 6 Tahun 1974 tersebut dinyatakan bahwa: untuk PNS golongan IV/a ke atas, anggota ABRI berpangkat Letnan II ke atas, Pejabat, serta isteri pejabat Eselon I dan yang setingkat baik di Pusat maupun di Daerah, Perwira Tinggi ABRI, pejabat-pejabat lain yang ditetapkan oleh Menteri/Kepala Lembaga yang bersangkutan, dilarang memiliki seluruh atau sebagian Perusahaan Swasta, memimpin, duduk sebagai anggota pengurus atau pengawas suatu Perusahaan Swasta, melakukan kegiatan usaha dagang, baik secara resmi maupun sambilan.

Dalam ketentuan yang sama juga dinyatakan bahwa PNS golongan ruang III/d ke bawah, anggota ABRI berpangkat Pembantu Letnan 1 ke bawah serta isteri dari Pegawai Negeri Sipil, anggota ABRI dan pejabat yang tidak termasuk ketentuan sebelumnya, wajib mendapat izin tertulis dari Pejabat Yang Berwenang apabila memiliki Perusahaan Swasta atau melakukan kegiatan usaha dagang.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa jika ada PNS, anggota ABRI atau Pejabat yang melanggar ketentuan-ketentuan Peraturan Pemerintah ini dapat diambil tindakan dan hukuman berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Informasi lebih lengkap tentang hal ini dapat diakses dengan mengklik link berikut ini; PNS ? No other bussiness Please ! Nah, kalau sekarang sudah tahu peraturannya, mau masih tetap akan melakukan atau tidak itu semua terserah anda! Apakah anda setuju atau tidak setuju? Silakan berikan komentar anda tentang topik ini di kolom “comments”

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in News from PMB Lab, Serbaneka Info and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Anda Seorang PNS? Anda atau Istri Anda Mempunyai Kegiatan Bisnis Sampingan? Jika Jawaban dari Dua Pertanyaan Tersebut Adalah YA! Berhati-hatilah, Karena Anda Dapat Terkena Sangsi Hukum!

  1. Dewi says:

    Tks infonya Pak Dar. Cuma rasanya ini peraturan yang membuat seorang PNS dilematis. Mau gak usaha sampingan, gaji yang diterima mungkin tidak cukup utk biaya hidup keluarga. mau usaha kebentur aturan. Menurut saya usaha sampingan boleh asal tidak mengganggu jam kerja, atau tugas-tugas sebagai PNS sudah dikerjakan sesuai ketentuannya. bagaimana kalau seorang PNS golongan Ia siang kerja di kantor terus malam ngojek motor utk dapat penghasilan tambahan demi menghidupi anak istri?? (ini umpamanya saja, walaupun bukan tidak mungkin benar-benar ada di Indonesia).
    Entah lah…kadang saya bingung dengan peraturan2 yang dibuat pemerintah, seperti tidak menginjak di bumi Indonesia, tidak melihat kenyataan hidup masyarakat. Apa karena yang membuat aturan (karena sudah dapat kursi empuk dan hidup makmur) sudah lupa bahwa masih banyak rakyat yang hidup susah.

  2. Bu Dewi, Tq atas komentarnya. Memang ironis di satu sisi, tetapi itulah kenyataannya…

  3. Ami says:

    Assalamualaikum wr wb, Hallo Pak Dar…Kalau dihitung, peraturan ini sdh berumur 38 tahun, mungkin aturan ini relevan untuk saat itu, tetapi sdh tdk pas untuk sekarang…sehingga harus direvisi disesuaikan dengan kondisi sekarang…..bikin grup di facebook saja Pak….sejuta suara untuk merevisi aturan ini seperti iklan sejuta mawar di TV he…he..he…

    • Wa ‘alaikum salam… To be honest, I have no guts to initiate the movement – takut kena pasal UU ITE, hehe313x. Memang antara peraturan dan kenyataan ibarat langit dengan bumi… Kita tunggu saja, siapa yang akan jadi test case untuk enforcement masalah ini. Tetap semangat dan yang penting hepiii…

  4. wali says:

    hahahaha ini salah satu aturan paling aneh …saat aturan ini dibuat, anak-anak, istri, sodara-sodaranya presiden, menteri, membangun usaha/bisnis yang mengakar kemana-mana dan ngak ketulungan banyaknya (tambang, perkebunan, transporasi, dlll)-semua dikuasai… tujuannya apa ya .. ^_^…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s