Departemen Agronomy dan Hortikultura Siap Laksanakan Kebijakan DIKTI tentang Kewajiban Publikasi Bagi Mahasiswa S1 Dengan Menyiapkan Jurnal Online Buletin AGROHORT

Meski mengundang kontroversi, kewajiban melakukan publikasi mempunyai sejumlah nilai positif. Untuk itu, Departemen AGH siap mendukung dengan menyiapkan jurnal on-line Buletin Agrohort.

Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyiapkan Jurnal Online Buletin AGROHORT sebagai media untuk menampung karya ilmiah mahasiswa S1 yang diwajibkan membuat publikasi ilmiah dalam jurnal sebelum dinyatakan lulus. “Buletin Agrohort dijadikan sebagai media untuk menampung karya ilmiah mahasiswa S1 bersama dosen pembimbingnya. Format jurnal on-line dipilih karena merupakan alternatif yang lebih efektif dan efisien, ramah lingkungan, dan lebih fleksibel dalam menampung karya ilmiah mahasiswa S1 yang memerlukan,” ujar Dr. Agus Purwito (Ketua Departemen AGH).

Lebih lanjut Agus Purwito menyatakan “Meskipun Buletin AGROHORT ditargetkan untuk menampung karya ilmiah mahasiswa S1 dari Departemen AGH, tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa S1 dari departemen lain di lingkungan IPB atau mahasiswa S1 dari institusi/universitas lain untuk mengirimkan karya ilmiahnya dan mempublikasikannya di Buletin AGROHORT.” Buletin AGROHORT akan terbit secara online setiap dua bulan sekali (6 nomer per tahun) dan dalam setiap penerbitan diharapka dapat menampung 15-30 judul karya ilmiah. “Buletin AGROHORT Volume 1 No. 1 diharapkan terbit perdana pada bulan Agustus 2012, bertepatan dengan diberlakukannya peraturan kewajiban publikasi bagi mahasiswa S1 sebelum dinyatakan lulus,” lanjut Agus Purwito. “Perangkat keras dan perangkat lunak untuk menunjang kelancaran penerbitan Buletin AGROHORT saat ini sedang dipersiapkan. Semoga pada bulan Agustus 2012 nanti terbitan perdana media ilmiah ini dapat mulai tersedia bagi mahasiswa S1 yang memerlukan,” ungkap Agus Purwito.

Buletin AGROHORT sebagai media untuk menampung karya ilmiah mahasiswa S1 merupakan usaha guna mengantisipasi pemberlakuan peraturan DIKTI. “Pada saatnya nanti, jika peraturan DIKTI tentang kewajiban publikasi telah benar-benar diberlakukan, Departemen AGH telah siap dengan solusi yang diperlukan untuk melaksanakan kebijakan DIKTI tersebut,” pungkas Agus Purwito.

Dirjen DIKTI telah mengirimkan surat edaran yang isinya mewajibkan mahasiswa S1 untuk membuat publikasi di jurnal ilmiah. Peraturan ini berlaku bagi mahasiswa S1 mulai bulan Agustus tahun 2012. Meskipun kontroversi tentang jadi tidaknya pemberlakuan peraturan DIKTI tentang kewajiban publikasi bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 masih terus berlanjut, Departemen AGH tetap berniat menyiapkan diri untuk menyongsong pemberlakuan peraturan DIKTI tersebut.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in News from PMB Lab, Publications and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Departemen Agronomy dan Hortikultura Siap Laksanakan Kebijakan DIKTI tentang Kewajiban Publikasi Bagi Mahasiswa S1 Dengan Menyiapkan Jurnal Online Buletin AGROHORT

  1. Wah, ini langkah paling bijaksana yang diambil Departemen AGH sebagai solusi untuk antisipasi diberlakukannya wajib publikasi bagi mahasiswa S1 dari Dikti. Bagaimana dengan mahasiswa S2 dan S3 pak? Ditunggu gebrakan berikutnya dari Departemen AGH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s