Q & A : Apa yang Dimaksud Dengan Ectopic Expression?

Karena kegiatan kuliah AGH634. Rekayasa Genetika Tanaman sedang berjalan, ada baiknya diulas (review) pertanyaan-pertanyaan dan diskusi yang berkembang di dalam kelas. Salah satunya adalah “Apa yang Dimaksud dengan Ekspresi Ektopik (Ectopic Expression) dalam Rekayasa Genetika Tanaman?

Dalam konteks kuliah AGH634. Rekayasa Genetika Tanaman – secara sederhana, yang dimaksud dengan ekspresi ektopik atau ectopic expression dari suatu gen yang dievaluasi berkaitan dengan fenotipe apa yang muncul akibat integrasi suatu gen ke dalam genom tanaman menggunakan rekayasa genetika dan ekspresinya.

Sebagaimana diuraikan dalam posting sebelumnya, ekspresi gen dalam rekayasa genetika sebetulnya terkait dengan terjadinya proses transkripsi, RNA prosesing, transportasi mRNA ke sitoplasma, dan translasi mRNA menjadi polipeptida. Namun demikian, terbentuknya protein yang disandi oleh transgene (gen yang diintroduksikan ke dalam genom menggunakan rekayasa genetika) juga dapat mengakibatkan terjadinya perubahan fenotipik pada tanaman transgeniknya. Fenotipe yang muncul akibat terbentuk atau terakumulasinya polipeptida yang disandi oleh transgene (terekspresinya transgene) disebut sebagai ectopic expression.

Mempelajari ectopic expression dari suatu gen dapat membantu memahami apa sebetulnya fungsi dari suatu gen (functional analysis) terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, atau respons tanaman terhadap stimulus eksternal (misalnya: cahaya atau stres) atau stimulus internal (misalnya zat pengatur tumbuh tanaman atau developmental cue). Terutama untuk gen yang produk proteinnya belum diketahui atau sudah diketahui tetapi hanya sedikit terakumulasi di dalam sel tanaman sehingga tidak dapat dimurnikan dan dianalisis akibat terbatasnya jumlah molekul yang dapat diisolasi.

Sejumlah gen yang berperanan dalam mengatur pertumbuhan dan perkembangan tanaman (plant growth and development), umumnya disintesis dan diakumulasikan dalam jumlah sedikit di dalam sel tanaman. Untuk mempelajari fungsi berbagai gen seperti ini pada dekade sebelumnya tidaklah mudah, karena harus melakukan mutagenesis sehingga mendapatkan rangkaian tanaman mutan dengan berbagai perubahan fenotipe. Dilanjutkan dengan hibridisasi antar mutan untuk mencari mutan yang komplementer (dua mutan, ketika disilangkan justru menghasilkan turunan yang wild type [revertan]), dan seterusnya.

Tetapi dengan menggunakan teknologi transgenik, fungsi dan ekpresi suatu gen terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat diprediksi dengan meregenerasikan tanaman transgenik yang membawa transgene dan mengamati ectopic expression-nya. Terkait dengan ekspresi kelompok gen yang disebut gen regulator, ekspresi ektopiknya seringkali tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan satu bagian tanaman saja, tetapi bisa juga berpengaruh terhadap dua atau lebih bagian atau tahapan pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini dikenal sebagai pleiotrophic effects.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang ekspresi ektopik (ectopic expression) suatu gen dalam rekayasa genetika tanaman. Semoga sedikit penjelasan yang diuraikan diatas dapat membantu menambah pemahaman bagi kolega yang membacanya. Semoga juga dapat menjadi sepotong kecil ‘gading atau belang yang dapat ditinggalkan bagi rekan sejawat sekalian. Feedback dan masukan dari teman-teman sangat diharapkan untuk meningkatkan pemahaman bersama, silakan berikan feedback dan masukan di kolom komentar.

Related articles

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Kuliah (Courses), Q & A, Serbaneka Info and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s