Catatan Tambahan Pengisian Formulir Evaluasi Kinerja Dosen Secara ONLINE

Masih tentang pengisian formulir Evaluasi Kinerja Dosen secara ONLINE, tadinya terbayang sebagai sesuatu yang kelihatannya akan sulit dilakukan. Ternyata setelah mencobanya sendiri, dan berhasil menyelesaikannya, serta mencatat beberapa hal yang perlu diperhatikan, pengisian formulir evaluasi tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Berikut ini beberapa catatan tambahan tentang pengisian formulir Evaluasi Kinerja Dosen Secara ONLINE, yang barangkali berguna bagi rekan sejawat sekalian. Catatan tambahan ini hanya khusus yang terkait dengan formulir isian Evaluasi Kinerja Dosen saja. Untuk catatan yang sifatnya umum, dapat dilihat di posting sebelumnya.

Catatan yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan untukIdentitas‘ :

  • Bidang ilmu? – isian ini sudah dibuat dalam bentuk pilihan spesifik (walaupun pilihannya tidak terlihat!). Untuk itu, coba masukkan (ketikkan!) kata kunci terkait dengan bidang ilmu yang anda mau dan pilihlah diantara pilihan yang ada yang paling mendekati bidang ilmu anda. Jika ternyata tidak ada pilihannya, ketikkan kata kunci yang lain. (waktu saya mengisi bidang ilmu ‘bioteknologi’ ternyata itu tidak ada. Pilihan yang terdekat dengan bidang itu adalah ‘Bioteknologi Pertanian dan Perkebunan’ jadi ini yang saya pilih!). Demikian juga untuk pertanyaan berikutnya yang terkait dengan bid./jurusan pendidikan S1, S2, dan S3, lakukan hal yang sama di atas.
  • Sejak tahun berapa mulai menerima tunjangan profesi/tunjangan kehormatan? jawaban dari pertanyaan ini terkait dengan tanggal SK sertifikasi dosen/guru besar yang diterima. Biasanya mulai menerima tunjangan profesi/kehormatan setahun sesudah SK. Tetapi akan lebih baik kalau info ini dilihat langsung dari kapan penerimaan tunjangan dimulai, dari catatan di rekening bank misalnya.

Catatan yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan untukTugas Pendidikan‘ :

  • Jurusan dimana anda memperoleh penugasan mengajar? jawaban dari pertanyaan ini dapat dilihat dari SK CPNS yang pertama kali kita terima. Di dalam SK tersebut ada informasi tentang dimana anda ditugaskan mengajar. Dalam kasus saya bunyinya di “Fakultas Pertanian, IPB di Bogor.”
  • Karena saya ditugaskan di Faperta, maka untuk pertanyaan berikutnya saya jawab penugasan saya sama dengan penugasan yang di SK. Demikian juga, bidang yang saya ajarkan sama dengan bidang ilmu penugasan saya.
  • Ketika anda membuka formulir di bagian ‘Tugas Pendidikan’ anda hanya menemui beban mengajar untuk program D-3 dan S-1 saja. Tetapi, jika pada pertanyaan ‘Apakah di Jurusan/Departemen anda sudah ada Prodi/bagian S2/S3’ anda jawab ‘YA’ maka akan muncul tambahan isian yang terkait dengan mengajar di program S2 dan S3 juga. Isikan sesuai dengan kegiatan belajar mengajar anda, baik di program D-3, S-2, S-2 dan atau S-3.

Catatan yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan untukTugas Penelitian dan Pengabdian‘ :

  • Sumber dana riset? jawaban dari pertanyaan ini dapat lebih dari satu sumber. Anda bisa mengisinya lebih dari satu, sesuai dengan sumber dana yang diterima (dalam kasus saya, isiannya ada dua : Mandiri dan Pemerintah non-dikti).
  • Hasil Riset dipublikasikan/diseminarkan/ dan sebagainya? setiap kali anda memasukkan isian nama jurnal, volume, dan halaman – maka anda perlu menekan tombol “Tambah” agar record anda tercatat di system dan form isiannya kembali menjadi kosong serta anda dapat menambahkan entry baru untuk jurnalnya. Hal yang sama juga berlaku untuk publikasi dalam bentuk seminar dan lain-lain.

Catatan yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan untukKesejahteraan‘ :

  • Besaran penghasilan tambahan (diluar gaji/bln) – Non Jabatan (per bln)? pertanyaan ini harus diisi dengan angka (saya mencoba dengan mengisikan angka ‘1’ atau lebih besar dari 1, ternyata bisa melangkah ke tahapan berikutnya) dan tidak boleh diisi dengan angka ‘NOL’ atau tanda ‘-‘. Jika ini diisi dengan angka ‘0’ atau tanda ‘-‘, maka akan muncul pesan error ketika kita akan melanjutkan ke tahapan berikutnya. Kita juga tidak akan dapat melagkah ke tahapan berikutnya. Dalam kasus saya: saya isi saja Rp. 50.000 sebagai rata-rata penghasilan per bulan untuk penghasilan non jabatan.

Catatan yang terakhir yang bersifat umum dalam kaitannya dengan pengisian formulir evaluasi :

  • Setiap kali menyelesaikan data entry, usahakan untuk selalu menyimpannya dengan menekan pilihan “Simpan Sementara” di bagian bawah. Dengan cara ini anda tidak harus kehilangan informasi dan tidak perlu mengetikkan informasi kembali, in case ada gangguan di komputernya (mati lampu atau putus koneksi jaringan, misalnya).
  • Jangan terburu-buru menekan tombol validasi sebelum anda yakin betul bahwa semu informasi telah dengan lengkap ada isikan dan tidak ada yang ketinggalan. Setelah tombol validasi ditekan, record sudah tersimpan dalam server DIKTI dan tidak dapat anda rubah lagi (meskipun anda tetap bisa merubah-rubah dan bermain-main dengan formulir isian, tetapi tidak bisa anda validasi atau simpan lagi menggantikan record yang sudah disimpan secara permanen sebelumnya).
  • Setelah validasi dilakukan, anda bisa mencetak bukti validasi yang berfungsi sebagai kwitansi tanda terima bahwa ada telah menyelesaikan pengisisan formulir evaluasi kinerja dosen. Formulir ini dapat anda simpan di komputer anda dan anda print. Satu copy printout dokumen tersebut dapat diserahkan ke bagian kepegawaian dan satu copy dapat anda simpan.

Dengan didapatkannya printout bukti validasi, berarti selesailah tugas anda untuk mengisi formulir evaluasi kinerja dosen penerima tunjangan profesi. Moga-moga catatan ini ada manfaatnya bagi reka sejawan sekalian yang mmembacanya. Selamat mengisi formulir evaluasi… !

Baca juga :

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Info Dikti, News from PMB Lab, Serbaneka Info and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Catatan Tambahan Pengisian Formulir Evaluasi Kinerja Dosen Secara ONLINE

  1. hebron says:

    Salam kenal Prof,
    Nama saya Hebron Pardede, salah seorang dosen PTS di MEdan. Saya ada masalah verifikasi pada berkas isian kinerja dosen. Hanya bagian IDENTITAS dan PENDIDIKAN hasil verifikasi benar. Selebihnya hasilnya TANDA X, atau data belum lengkap. Padahal semua pertanyaan sudah saya isi untuk semua bagian. Jika prof bisa kasih saran. Trimakasih

    • Bapak Pardede, saya hanya bisa bantu jika bapak kasih tahu contoh (screen shoot) tentang apa yang sudah anda isikan. Dari situ barangkali baru dapat didiagnosis. Untuk ambil screen shoot, buka bagian yang mau difoto di screen sebanyak informasi yang dapat ditampung layar komputer (tetapi tetap terbaca), kemudian klik tombol Prt Sc (tombol print screen), kemudian buka MS Word dan pastekan screen shot tadi ke dokumen kosong di MS Word tersebut. Lakukan screen shot untuk setiap bagian dari dokumen isian anda. Terakhir, simpan dok word yang berisi screen shot dan emailkan untuk kita bantu mendiagnosis masalahnya. Demikian yang dapat saya sarankan…

  2. Komang Budaarsa says:

    Salam Kenal Prof. Nama saya Komang Budaarsa, dari Fak. Peternakan UNUD, Denpasar. Wah Bagus sekali infonya Prof. Saya dan teman-teman di UNUD belum mengisinya, karena baru kemarin ada pemberitahuan dari PD II kami. Selamat, karena Prof sudah mengisi duluan. Salam… (Komang Budaarsa).

    • Alhamdulillah jika ada gunanya… Salam kenal kembali pak Komang… Sudah lama sekali saya tidak kontak dengan teman-teman di UNUD. Sejak dimulainya penelitian Salak Gula Pasir dulu… terakhirnya saya kontak dengan sejawat di UNUD. Moga-moga ini dapat menjadi awal perkontakan dengan sejawat di UNUD kembali. Kebetulan kami akan ada Temu Pakar Bioteknologi 2012 di IPB, Bogor. Barangkali ingin hadir? silakan check out websitenya di http://pakarbiotek.wordpress.com dan tengok informasi yang ada. Mohon dapat menyampaikan juga ke teman-teman yang lain. Terima kasih…

  3. mega says:

    bagaimana jika sudah di validasi dan ternyata ada data yang salah ??? apa pengaruh nya terhadap dosen tersebut ?? apa ada cara lain untuk merubahnya ? trims

    • Lihat laman FAQ pada website kinerja dosen Diknas. Kalau tidak salah ada Q&A yang terkait dengan sangsi yang berkaitan dengan kesalahan dalam pengisian evaluasi kinerja dosen. Tentang cara merubah isi evaluasi kalau sudah divalidasi – setahu saya, menurut keterangan dalam laman kinerja dosen – hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi secara online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s