Sawah Yang Sangat Subur Dan Agronomis Padanannya Bulan Puasa Dan Ahli Ibadah

Di bidang pertanian, produksi pangan dihasilkan dari kegiatan bercocok tanam di lahan pertanian. Untuk tanaman padi cocoknya ya di lahan sawah. Dan untuk setiap sawah sebagai tempat bercocok tanam, merupakan tempat yang cocok bagi agronomis.

Ada kalanya sawah yang ditanami padi kesuburannya biasa-biasa saja sehingga ketika dipanen, padi yang didapat juga biasa-biasa saja hasilnya. Manakala mendapatkan sawah yang subur, seorang agronomis dengan kompetensinya dapat menghasilkan panen padi beberapa kali lipat dibandingkan dengan lahan yang kesuburannya biasa-biasa saja.

Usaha mendapatkan hasil padi bagi seorang agronomis setara dengan usaha untuk mencari pahala bagi seorang ahli ibadah. Dihari-hari biasa seorang muslim ahli ibadah, dianalogikan dengan agronomist yang bercocok tanam di lahan yang kesuburannya biasa-biasa saja. Si ahli ibadah akan mendapatkan pahala yang jumlahnya standar sebagaimana agronomis mendapatkan panen yang biasa di lahan yang kurang subur. Untuk setiap amal ibadah yang dilakukan, ahli ibadah akan mendapatkan maksimum 10x lipatan pahala.

Namun bulan puasa adalah bulan istimewa yang setara dengan lahan sangat subur bagi agronomis. Bagi ahli ibadah, bulan Ramadhan diibaratkan sebagai lahan yang sangat subur bagi seorang agronomis. Dia akan mendapatkan lipatan pahala sebanyak 700x dari pahala ibadah di hari selain bulan Ramadhan. Bahkan, lipatan pahalanya dikalikan ilaa masyaAlloh (sebanyak lipatan yang hanya Alloh SWT saja yang tahu berapa banyaknya!). Itulah salah satu kefadholan bulan puasa, yang diibaratkan sebagai lahan sangat subur bagi seorang agronomis.

Untuk itu, sebagai umat muslim – mari kita gunakan kesempatan di bulan Ramadhan ini untuk bercocok tanam agar  kita dapat memanen pahala sebanyak-banyaknya. Mumpung kita disediakan lahan yang sangat subur untuk bertanam dan diberi kesempatan untuk memanen hasil yang jelas-jelas akan lebih berlipatganda di bandingkan hari-hari biasa. Kumpulkan pahala sebanyak-banyaknya mumpung kita masih ketemu dengan bulan Ramadhan yang setiap harinya dijanjikan penuh lipatan pahala.

Ingatlah, tidak ada jaminan bahwa kita masih akan ketemu dengan bulan Ramadhan tahun depan (2013) karena yang namanya mati itu datangnya sewaktu-waktu dan tidak akan ada yang tahu kapan mati akan datang. Selamat menjalankan ibadah puasa tahun 2012 bagi yang melaksanakan…

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Renungan dan Motivasi Diri, Serbaneka Info and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Sawah Yang Sangat Subur Dan Agronomis Padanannya Bulan Puasa Dan Ahli Ibadah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s