Umrah Ramadhan 2012 : Penerbangan Menuju Jeddah

Penerbangan ke Saudi Arabia kami lakukan dengan menggunakan penerbangan Batavia Airlines. Pesawat Airbus A330 yang membawa kami langsung ke Jeddah kelihatannya tidak sebesar pesawat Boeing 777 yang kami tumpangi pada saat melaksanakan ibadah haji tahun 2010 yang lalu. Sesuai dengan dugaan kami, pengaturan ruangan antar kursi relatif sempit meskipun untuk ukuran orang Indonesia yang relatif pendek. Sudah terbayang bagaimana pegalnya kaki dan tubuh ini jika selama sekitar 9-10 jam penerbangan menuju Jeddah harus dalam kondisi sempit seperti itu. Semoga saja tubuh yang telah mulai menginjak usia 51 tahun ini masih bisa menerima kondisi demikian.

Alhamdulillah, penerbangan menuju Jeddah berjalan lancar, cuaca sepanjang perjalanan relatif sangat bagus dan tidak sampai menimbulkan gangguan yang berarti pada penerbangan kami. Yang menjadi sedikit masalah adalah, penerbangannya menyongsong matahari sehingga walaupun sudah beberapa jam berlalu tetapi rasanya hari ini tidak bertambah sore. Alamat hari ini kami akan berpuasa dalam waktu yang lebih lama daripada waktu berpuasa di Indonesia. Menurut perkiraan, kami baru akan bisa berbuka pada saat mendarat di Jeddah nanti, yaitu sekitar pk. 11.00 WIB atau pk. 19.00 waktu Jeddah.

Untuk mengantisipasi kemungkinan proses imigrasi yang mungkin memerlukan waktu lama, akhirnya makanan yang dihidangkan di pesawat tidak kami makan karena sedang berpuasa dan kami simpan untuk persediaan nanti setelah mendarat dan menunggu proses imigrasi. Alhamdulillah, rupanya karena keterlambatan dalam pemberangkatan, menyebabkan penerbangan belum sampai ke Jeddah tetapi sudah waktunya berbuka. Tepat pada pukul 19.10 sore waktu setempat, crew Batavia Air menyampaikan bahwa sudah waktunya untuk berbuka.

Alhamdulillah, walaupun dengan makanan apa adanya, kami sempatkan untuk berbuka puasa. Menu berbuka hari itu adalah: sepotong puding/jelli buah, sepotong cake, secangkir teh, dan nasi dengan dua potong fillet ikan goreng plus sayur oseng kubis. Sungguh menu berbuka yang relatif sederhana tetapi tetap saja terasa nikmatnya karena telah seharian berpuasa. Alhamdulillah, rasa dahaga dan lapar telah sedikit terpuaskan dengan segelas teh dan makanan.

Akhirnya, pada pukul 19.45 waktu Jeddah – pesawat A330 yang kami tumpangi telah sampai di bandara internasional King Abdul Azis, Jeddah (Bandara Haji). Tanpa terasa pesawat berhasil mendarat di landasan dan melakukan perjalanan menuju ke tempat parkir yang telah ditentukan. Semua penumpang pun turun dan dijemput oleh shuttle bus yang akan mengantar kami ke ruang tunggu sebelum melewati petugas imigrasi di bandara internasional King Abdul Azis, Jeddah. Semoga tidak ada masalah melewati petugas imigrasi, amiin.

(Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah – hari Senin 23 Juli 2012)

Baca Juga :

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Umrah Ramadhan 2012 : Penerbangan Menuju Jeddah

  1. devi says:

    Assalamu’alaikum. Salam kenal. Saya mau bertanya tentang umrah ramadhan. Q.1. Adakah kesulitan yang bapak rasakan ketika melaksankan umrah ramadhan? Mengingat pelaksanaan ritual ibadah umroh dilakukan di saat sedang berpuasa. Q.2. Di waktu umroh ramadhan, apakah bapak tinggal di hotel atau di masjid? Q.3. Banyakkah orang yang beri’tikaf di Masjidil Haram? Q.4. Bagaimana keadaan secara umum di sana? Terima kasih atas jawabannya. Jazaakumullahu khoiron.

  2. Wa’alaikum salam. Salam kembali, disyukuri jazaa killahu khoiron atas pertanyaannya. Berikut jawaban (A) saya: A.1. Kalau saya jawab tidak ada tantangan (saya lebih memilih “tantangan” dari pada “kesulitan”) berarti saya bohong. Yang jelas, puasa di Mekah pada tahun 2012 ini bagi saya terasa berat. Beberapa kali saya mengalami, rasanya ingin sekali membatalkan puasa karena beratnya tantangan yang dihadapi. Tetapi alhamdulillah, Alloh SWT. menqodar hal itu tidak sampai terjadi. Selain beratnya menjalankan ibadah puasa, tantangan yang lain adalah banyaknya jama’ah yang sama-sama menjalankan ibadah umrah ramadhan di Mekkah. Jika anda pernah pergi haji, saat yang paling ramai dengan jama’ah adalah pada sekitar tanggal 8-13 Dzulhijjah. Di awal atau di akhir periode perjalanan haji, mungkin jama’ahnya tidak sebanyak pada tanggal tersebut. Jika dibandingkan dengan pada saat umrah ramadhan, banyaknya jama’ah yang ada di Masjidil Harram, Mekkah adalah seperti halnya pada saat haji tanggal 8-13 Dzulhijjah tersebut tetapi itu terjadi setiap hari, dari sejak awal ramadhan hingga akhir ramadhan (berarti selama 30 hari – seperti tanggal 8-13 Dzulhijjah). Tentu saja bagi yang tidak mau ribet, beribadah ke masjidil harram akan menjadi suatu tantangan tersendiri. Jika pun mau ke masjid, mendapatkan tempat sholat atau tempat beribadah di dalam masjid merupakan tantangan yang lain. Dan banyak lagi tantangan lainnya yang perlu disikapi dengan keshabaran dan tawakal ilalloh. A.2. Kami tinggal di hotel, tetapi kenal dengan beberapa jama’ah yang tinggal di masjid (jauh lebih banyak tinggal di masjidnya daripada tinggal di hotel, meskipun mereka punya jatah hotel!). Q.3. Yang ber-i’tikaf di Masjidil Haram sangat banyak. Khususnya pada malam ke-27 dan -29 dalam sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Jama’ah yang i’tikaf dan yang mau i’tikaf (karena pada malam ke-27 dan ke-29 tersebut mereka tidak bisa masuk ke halaman masjid, apalagi ke dalam masjid untuk i’tikaf!). Q.4. Keadaan secara umum di Medinah – suhu udara sangat ekstrim, antara 50 – 55 C. Sedangkan keadaan umum di Mekkah – seperti yang saya jelaskan di A.1. dan A.3. Demikian sedikit informasi, mungkin secara detilnya dapat diikuti di posting lainnya tentang Perjalanan Umrah 2012 kami. Salam-salam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s