Umroh Ramadhan 2012 : Perjalanan Menuju Madinah

Ternyata proses imigrasi yang dilalui di bandara internasional King Abdul Azis, Jeddah, tidaklah sesulit yang dibayangkan. Memang sebagian waktu dalam proses imigrasi dihabiskan untuk menunggu. Dari yang kami alami, waktu yang diperlukan untuk menunggu proses imigrasi dimulai, berkisar antara 2.5 jam lebih. Ketika petugas imigrasi telah siap, mereka tidak terlalu macam-macam dalam memeriksa dokumen perjalanan kami. Salah satu sebabnya barangkali karena memang rombongan kami menggunakan dokumen resmi semuanya sehingga tidak ada yang bersamasalah.

Selesai urusan imigrasi, ternyata kita masih diqodar Alloh SWT. untuk lebih lama menunggu. Fihak pengurus rombongan masih harus mengkonfirmasi persiapan bus yang akan membawa rombongan ke Madinah. Sejak keluar dari pasport control, kami harus menunggu sampai pk. 23.00, sebelum akhirnya dapat mengidentifikasi bus yang dimaksud dan memasukkan barang bawaan dan diri kami ke dalamnya. Setelah semua 19 orang siap di bus, ternyata bus yang kami tumpangi belum juga berangkat ke Madinah. Belakangan baru kami tahu bahwa fihak penyelenggara masih menunggu satu orang jama’ah yang tertinggal dan ikut dalam penerbangan lain yang baru mendarat pukul 23.00 di Jeddah.

Yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul dan bus berangkat menuju Madinah pada pukul 23.40. Betul-betul satu hari perjalanan yang melelahkan dan memerlukan serta menguji kesabaran. Di perjalanan menuju ke Madinah barulah terasa betapa lelahnya tubuh ini.

Karena besok akan berpuasa, kami makan sahur di perjalanan menuju Madinah, pada pukul 03.30 dini hari waktu Saudi. Tidak lama dari makan sahur, pada pukul 03.47 kami tiba di check point sebelum memasuki kota Medinah dan pada pk. 03.50 bus yang kami tumpangi mulai memasuki perbatasan kota. Perlu perjalanan sekitar satu jam sebelum sampai ke hotel tempat kami akan tinggal selama dua hari. Berakhirlah penerbangan dan perjalanan darat etape I kami dari Bogor, Cengkareng, Jeddah dan Madinah yang betul-betul terasa sangat melelahkan.

(Kota Medinah, hari Selasa 24 Juli 2012 – dini hari)

Baca Juga :

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s