Jurnal BOGUS : Ternyata di Tingkat International Juga Ada (BANYAK!)

Fenomena jurnal ilmiah BOGUS, ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Di tingkat internasional pun, juga dikenal keberadaan jurnal ilmiah BOGUS.

Mohon maaf sebelumnya, istilah jurnal ilmiah BOGUS (saya juga tidak tahu dari bahasa apa istilah BOGUS ini berasal), tetapi yang dimaksud dengan BOGUS dalam posting ini adalah jurnal ilmiah yang dipertanyakan kualifikasinya karena berbagai faktor. Karena jurnal ilmiahnya dipertanyakan (bermasalah), maka content setiap publikasi ilmiah yang diterbitkan juga ikut menjadi bahan pertanyaan.

Dalam posting sebelumnya telah diulas tentang adanya jurnal ilmiah BOGUS terbitan dari Indonesia. Ternyata keberadaan jurnal ilmiah BOGUS, tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga terjadi di tingkat internasional.

Dari daftar yang diposting di http://scholarly oa.com/indiv idual-journals/ ternyata banyak juga jurnal dengan nama “Internastional” yang ternyata keberadaanya “dipertanyakan atau QUESTIONABLE” (kalau menurut saya: diduga BOGUS!). Bagi rekan-rekan sejawat yang ingin tahu jurnal apa saja yang diduga merupakan jurnal BOGUS, silakan klik link tersebut.

Dengan demikian, tidak setiap jurnal dengan  “INTERATIONAL” sebagai salah satu kata di dalam judul jurnalnya merupakan jurnal ilmiah yang berkualitas karena ada yang BOGUS juga. Ada juga jurnal tingkat nasional, yang insyaAlloh kualitas menyamai atau bahkan melebihi sejumlah jurnal internasional sehingga kita tidak perlu terlalu silau dengan publikasi yang terbit di jurnal yang namanya memakai kata “INTERNATIONAL.”

Semua staf dan mahasiswa pascasarjana yang berasosiasi dengan PMB Lab. mengajak kepada rekan sejawat dosen di berbagai perguruan tinggi dan peneliti di berbagai lembaga penelitian untuk selalu menegakkan kejujuran dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah. Tidak lupa kita mengajak: “Ayo kita tingkatkan publikasi berbasis kejujuran akademik! Salam semangat…!”

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in News from PMB Lab, Publications and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Jurnal BOGUS : Ternyata di Tingkat International Juga Ada (BANYAK!)

  1. made says:

    Dalam Bahasa Inggris, ‘bogus’ kurang lebih memiliki arti palsu, gadungan, imitasi, atau bersifat menipu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s