Umrah Ramadhan 2012 : Cuaca Di Madinah

Baru sekali ini kami dihadapkan pada kondisi lingkungan yang sedemikian ekstrim seperti ketika kami tiba di Medinah di akhir bulan Juli 2012 ini. Cobalah ikut membayangkan: anda duduk di sekitar api unggun yang menyala dan anda berjarak kira-kira 1-1.5 m. Ada angin yang meniup ke arah anda dan membawa panasnya api unggun tersebut. Bayangkan hal seperti itu terjadi terus-menerus dan api unggunnya tidak pernah padam. Kira-kira seperti itulah cuaca di Medinah saat ini.

Jika di Bogor, angin yang bertiup membawa kesejukan di permukaan kulit. Di Medinah di akhir bulan Juli  tahunn2012 ini, angin yang bertiup justru membawa panas menyengat yang menyakitkan permukaan kulit kita, sebagaimana tiupan angin ke arah kita yang ada di sekitar api unggun.

Benar-benar cuaca yang sangat panas untuk ukuran orang-orang Indonesia. Ketika ditanyakan berapa suhu udara di Medinah dalam bulan Juli ini? Dijawab dapat mencapai antara 50-55 C, masyaAlloh…! Pantas saja kulit ini terasa bagaikan disengat bara setiap kali keluar dari bangunan dan berjalan menuju masjid Nabawi untuk sholat.

Herannya, cuaca ekstrim tersebut tidak menyurutkan niat jama’ah yang hadir di Medinah untuk sholat berjama’ah di masjid Nabawi. Setiap menjelang adzan sholat lima waktu, berbondong-bondong jama’ah yang ada di Medinah pergi untuk menunaikan sholat bersama. Kamipun ikut terpengaruh dengan suasana yang ada dan tidak mau kalah ikut pergi ke Masjid Nabawi untuk melaksanakan sholat berjama’ah.

Di balik cuaca yang ekstrim panas seperti itu, ternyata masih ada yang bersorak gembira menyambutnya. Karena ternyata cuaca panas yang terjadi di Medinah tersebut sangat menguntungkan bagi sekelompok orang ini. Siapakah mereka? Mengapa mereka menyambutnya dengan gembira? Mereka adalah petani pengelola perkebunan kurma di sekitar Medinah. Rupanya cuaca panas yang terjadi akan berdampak positif pada panenan kurma yang akan didapat. Mereka akan mendapatkan kuantitas dan kualitas hasil kurma yang bagus jika cuacanya seperti ini.

Rupanya Alloh SWT. Maha Adil dan Bijaksana. Meskipun bagi kebanyakan orang cuaca yang panasnya luas biasa tersebut tidak disenangi, tetapi Alloh SWT. menghendaki kondisi tersebut baik bagi perkembangan tanaman yang akan menghasilkan buah kurma berkualitas. Subhanalloh… Maha Suci Alloh dengan segala kekuasaanNya!

Kembali ke cuaca panas ekstrim di sekitar masjid Nabawi,  medinah, bagi jama’ah Indonesia yang menjalankan ibadah umrah di bulan Juli dan mampir ke Medinah, jangan lupa membawa perlengkapan yang sesuai untuk cuaca tersebut. Bawalah dan gunakan cream pelembab untuk melindungi kulit anda dari mengalami kekeringan. Krim untuk UV-A dan UV-B protection juga sebaiknya dibawa dan digunakan. Bagi yang kulitnya sensitif, kalau tidak memakai krim pelembab, setelah satu atau dua hari biasanya kulit akan mengalami luka-luka dan terasa gatal-gatal. Bahkan kalau sampai parah, kulit akan pecah-pecah dan terasa pedih serta kadang-kadang berdarah.

Mungkin tidak terlalu parah, tetapi dapat saja mengganggu kenyamanan kita dalam mencoba mengisi hari-hari di Medinah untuk sebanyak-banyaknya dengan beribadah. Demikianlaah sedikit catatan tentang cuaca panas di Medinah dalam bulan Juli ketika kami sedang melaksanakaan Umrah Ramadhan tahun 2012.

(Medinah, Selasa 24 Juli 2012)

Baca Juga :

  • Previous entry – Umrah Ramadhan 2012 : Catatan tentang Waktu Larangan Sholat
  • Next entry – Umrah Ramadhan 2012 : Update Tentang Roudhoh di Tahun 2012

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s