WEDANGWUH (Wedang Uwuh) – Minuman Khas Jogyakarta Yang Mampu Menghangatkan Hati Dan Badan

WEDANG WUH – minuman khas dari Yogyakarta, Indonesia

Barangkali tidak banyak diantara kita yang pernah mendengar frasa WEDANGWUH atau WEDANG UWUH, kecuali mungkin bagi teman-teman yang berasal dari Yogyakarta, Solo, atau berbagai daerah lainnya di Jawa Tengah. Dalam bahasa jawa, istilah WEDANG maksudnya adalah minuman dan WUH atau UWUH maksudnya SAMPAH. Wedang WUH yang semakin terkenal di Pulau Jawa ini sebenarnya berasal dari Jogyakarta, tepatnya dari sekitar komleks makam raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, Jogyakarta. Daun-daun rempah yang digunakanpun pun ada di sekitar pintu makam tersebut. Menurut masukan saudara Bahtiar Zamroni, salah seorang yang membaca posting ini, sekitar kompleks Imohiri sebagai asal muasal Wedang Wuh dapat dibuktikan secara historis. Hal ini sekaligus sebagai koreksi atas informasi sebelumnya yang menyatakan bahwa Wedang WUH adalah minuman khas Solo.

Wedang WUH? Loh….? Apa iya sampah dijadikan sebagai minuman khas? Well… Bukan itu maksudnya. Istilah WUH atau UWUH untuk minuman ini dikaitkan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan minuman ini. Penampakan dari bahan rempah yang digunakan, jika dikeluarkan dari bungkusnya dan ditumpuk akan menjadi mirip dengan tumpukan sampah. Dari sinilah barangkali penamaan WEDANGWUH itu berasal, bukan karena bahan dasar yang digunakan adalah sampah.

Namun demikian, dalam soal rasa WEDANGWUH sama sekali tidak ada hubungannya dengan sampah. Minuman khas ini mampu menghangatkan badan, terutama di awal musim hujan yang sedang terjadi di Bogor saat ini. Apalagi jika diminum panas atau hangat-hangat bersama keluarga di sore hari, insyaAlloh selain menghangatkan badan pasti juga bisa menghangatkan hati.

WEDANGWUH – Telah tersedia dalam bentuk sase yang praktis untuk dibawa sebagai buah tangan

WEDANGWUH merupakan produk industri rumah tangga yang diproduksi Arum Sari, Solo, Indonesia. Komposisi WEDANGWUH terdiri atas: gula batu, gula aren, secang, sere, daun manis jangan, dan rempah-rempah (aneka macam rempah, antara lain cengkeh, jahe). Saat ini telah tersedia WEDANGWUH dalam sachet (kantong plastik) siap seduh sehingga sangat praktis untuk dibawa sebagai buah tangan dan oleh-oleh ketika berkunjung singkat ke Yogyakarta, Solo atau daerah di Jawa Tengah lainnya dan ingin menikmati WEDANGWUH lagi setelah kembali ke rumah di kota lain.

Untuk penyiapan WEDANGWUH: buka bungkusnya dan pisahkan saset gula dari rempahnya, cuci rempah dengan air bersih dan tiriskan, masak air sebanyak 300 ml hingga 400 ml hingga mendidih, tambahkan rempah yang telah dicuci ke dalam air mendidih dan didihkan kembali selama 3 menit, tambahkan gula batu an gula aren ke dalam rempah yang telah dididihkan dan aduk merata (penambahan gula disesuaikan dengan selera masing-masing) sehingga didapatkan rasa manis sesuai selera masing-masing), dan minuman siap disajikan panas atau hangat di dalam cangkir atau gelas.

Minuman WEDANGWUH mempunyai warna kemerahan seperti warna minuman botol FANTA dan mempunyai rasa segar dengan sedikit rasa sepat (bagi yang mempunyai indra perasa yang sensitif). Warna merah dari minumannya berasal dari pewarna yang keluar dari kayu secang sedangkan rasa hangatnya berasal dari aneka rempah.

Jika anda kebetulan sedang berada di Yogyakarta atau Solo, silakan mencicipi – WEDANGWUH. Jika sesuai dengan cita rasa dan selera anda maka belilah saset WEDANGWUH untuk dibawa sebagai buah tangan. Selain bisa dinikmati besama keluarga, bisa juga untuk menjamu tamu yang datang ke rumah anda. Selamat menikmati WEDANGWUH sebagaimana yang baru saja saya lakukan ketika mengetikkan entry blog ini.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to WEDANGWUH (Wedang Uwuh) – Minuman Khas Jogyakarta Yang Mampu Menghangatkan Hati Dan Badan

  1. Bachtiar Z says:

    Minuman ini semakin terkenal di Pulau Jawa, tapi tahukah bahwa sebenarnya bukan khas Solo tapi Jogyakarta, tepatnya dari sekitar kompleks makam raja-raja Mataram di Imogiri Bantul Jogja. Daun-daun rempahnya pun ada di sekitar pintu makam tersebut dan ini bisa dibuktikan secara historis.

  2. emi says:

    ya betul,,wedang uwuh berasal dari jogja.kebetulan saya penikmat sekaligus menjualnya,,baik dalam bentuk original maupun instan.jika tertarik bisa menghubung di nomor 085742802150.makasih

  3. Wedang Uwuh Angkringan Jogja minuman kesehatan khas Jogja yang sehat, nikmat dan menyegarkan dipercaya berkhasiat untuk menjaga kebugaran juga sebagai anti oksidan, anti kanker, dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk darah, kolesterol, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & telah menjadi ICON ANGKRINGAN yang juga banyak dikonsumsi di cafe, resto, spa, hotel dll di seluruh Indonesia untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Produsen “Wedang Uwuh“ bermerk ”Angkringan Jogja” minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari bahan 100% rempah-rempah alami.

    Jenis Produk “Wedang Uwuh” dikemas dengan Kantung Kertas Klasik berupa Sachet & Tas : Instan, Racikan, Celup & Sirup.

    Order Wedang Uwuh Angkringan Jogja dapat dilakukan dengan mengisi Kolom order pada bagian bawah website kami

    http://www.angkringan-jogja.com/.

    Informasi detail produk, kerjasama Distributor, agen dan reseller hubungi :

    BBM PIN : 316454c4

    Kontak :
    – +6281392977979 ( Telkomsel )
    – +6285642335089 ( Indosat )
    – +6281904131899 ( XL )
    – +622747849189 ( Flexi )
    – 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    Messenger :
    Yahoo Messenger : angkringan_jogjakarta
    WhatsApp/ WeChat/ KakaoTalk/ Line : 081392977979

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com/
    http://www.wedang-uwuh.com/

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Alamat Kantor & Produksi :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
    Kode Pos 55783

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s