Renungan Menjelang Hari Raya Qurban: Menyembelih Kurban Pahalanya Lebih Baik Daripada Berjuang Di Jalan Alloh SWT. Dengan Dirinya Dan Hartanya

Ada seorang muslim yang mempunyai kefahaman agama yang tinggi. Dia bertujuan untuk berjuang di jalan Alloh SWT. dengan sepenuh hati, raga, dan hartanya. Untuk merealisasikan tujuannya, dia pergi dari rumah dengan dirinya dan dibawa serta semua harta miliknya (yang tentu saja tidak sedikit jumlahnya). Semua kekuatan dirinya hingga nafas yang penghabisan dia gunakan untuk memperjuangkan agamanya. Setiap keping hartanya juga dia belanjakan untuk menegakkan kefahaman tentang agama Islam. Hingga akhirnya, si muslim pulang ke rumah tinggal namanya saja. Tahukah anda berapa kira-kira pahala yang akan didapatkan si muslim? Well… kalau diminta menghitung berapa tepatnya, hanya Alloh SWT. saja yang tahu, tetapi pastilah banyak dan besar sekali pahala dari amal perbuatan si muslim tersebut!

Bagi ummat Nabi Muhammad SAW. saat ini, dengan situasi dan kondisi yang jauh berbeda dengan zamannya Rasulalloh SAW dahulu. tentu tidaklah mudah untuk melakukan hal yang sama dan mendapatkan pahala kebaikan sebagaimana si muslim di atas. Namun demikian, Alloh SWT. yang maha adil sungguh telah memberikan kenikmatan yang besar kepada ummat Nabi Muhammad SAW. dengan memberi kesempatan bagi ummat muslim di akhir zaman ini untuk mendapatkan pahala kebaikan yang lebih besar dan lebih banyak dari pada yang didapat oleh si muslim yang telah keluar dari rumah membawa dirinya dan seluruh harta bendanya untuk berjuang di jalan Alloh SWT. hingga hartanya habis tidak tertinggal sepeserpun serta dirinya meninggal dunia, pulang tinggal namanya saja. Bagaimanakah caranya?

Mudah saja jawabannya… menyembelihlah qurban dihari menyembelih (yaumul nahr) atau yang kita kenal dengan hari raya qurban. Menurut dalil syar’i, tidak ada perbuatan yang lebih baik dan lebih mulia pada hari raya qurban kecuali menyembelih hewan kurban. Artinya, menyembelih hewan kurban pada hari raya qurban merupakan perbuatan yang paling baik dan paling mulia. Jika kita sebagai orang iman melakukannya, maka kita berhak untuk mendapatkan pahala dan kebaikan yang lebih besar daripada apa yang didapatkan oleh seorag muslim yang pergi dari rumahnya dengan membawa semua harta dan dirinya untuk berjuang di jalan Alloh SWT. hingga yang kembali pulang hanyalah namanya saja.

Pertanyaannya: “Inginkah kita mendapatkan pahala dan kebaikan yang sedemikian besarnya?” Diri kita masing-masinglah yang bisa menjawabnya. Semoga hari Raya Qurban tahun 2012 ini bisa menjadi awal semangat kita semua untuk mempersungguh di dalam mencari pahala dan kebaikan dalam hidup kita yang singkat ini. Amiiin…!

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Renungan dan Motivasi Diri, Serbaneka Info and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s