Umrah Ramadan 2012 : Memperbanyak Ibadah dan Berbuat Kebaikan Selama Menjalankan Umrah Ramadan

Masih sekitar pertanyaan yang sama, “Apa sih motivasinya sehingga sampai memaksakan diri melakukan ibadah Umrah dan berpuasa penuh di bulan Ramadhan di Mekkah, Saudi Arabia? Lagian, setelah sampai di Mekkah, umumnya kondisinya begitu panas dan tidak enak di badan, ditambah pada bulan Ramadan sedemikian banyak orang yang datang ke Masjidil Harram, semakin membuat repot saja!

Bagi banyak orang, pertanyaan yang umum dilontarkan adalah: “Lantas dalam kondisi seperti itu, ngapain mesti mempersungguh memperbanyak melakukan ibadah?” Selanjutnya, ada juga yang berkomentar: “Bukankah dengan melakukan sekali Umrah Ramadhan saja, tanpa melakukan ibadah lainnya, menurut hadits Nabi Muhammad SAW kita sudah mengumpulkan banyak pahala, yang bahkan sampai membandingi pergi haji bersama Nabi SAW?”

Barangkali sulit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut menggunakan logika. Tetapi jawaban dari pertanyaan tersebut barangkali bisa dianalogikan dengan apa yang menjadi jawaban Nabi Muhammad SAW. ketika beliau ditanya oleh shahabatnya, yaitu: “Apakah aku bukan termasuk hamba yang bersyukur?

Alkisah, Nabi Muhammad SAW. oleh Alloh SWT. telah dijadikan sebagai hamba Alloh SWT. yang dosa-dosanya, baik dosa dan kesalahan yang telah dilakukan di masa lampau maupun dosa dan kesalahan yang mungkin akan dilakukan di masa yang akan datang telah diampuni semuanya. Dan kepada Nabi Muhammad SAW., Alloh SWT. sudah menjanjikan syurga. Itu semua sudah menjadi kepastian, bahkan Nabi SAW. semasa hidupnya dan para sahabat-sahabatnya pun tahu akan hal itu.

Lantas apakah dengan telah mendapatkan jaminan masuk syurga dari Alloh SWT. lantas Nabi Muhammad SAW. menjadi bermalas-malasan untuk beribadah? Menjadi tidak semangat (dalam bahasa Jawa : nglokro!) dalam beribadah? Kenyataannya justru tidak demikian dan justru berbalik 180 derajad dari perkiraan.

Siapa diantara orang yang hidup di zaman Nabi SAW. yang ketekunan beriadahnya melebihi beliau? Siapa diantara orang yang hidup di zaman Nabi SAW. yang budi pekertinya lebih baik dari beliau? Siapa diantara orang yang hidup di zaman Nabi SAW. yang lebih bisa dijadikan sebagai panutan dalam mempersungguh beribadah? Jawabannya tidak ada, kecuali Nabi SAW. sendiri.

Kalau Nabi SAW. yang syurganya sudah dijamin pasti dapat saja masih banyak melakukan ibadah, sholat-sholat sunnah sampai kakinya bengkak-bengkak, dan amal kebaikan yang tiada habisnya hingga akhir hayat beliau. Lantas pertanyaannya “kita ini siapa?” “Ada tidak yang menjamin bahwa kita pasti akan dimasukkan syurga? sebagaimana Nabi SAW. yang sudah pasti masuk syurga” Kalau Nabi SAW. yang sudah dijamin syurganya saja masih terus mempersungguh ibadah sebagai ungkapan syukurnya, “apakah kita tidak?”

Wajar saja kalau dalam kesempatan menjalankan Umrah Ramadan tahun 2012 ini kami satu rombongan sama berlomba memperbanyak ibadah di Masjidil Harram. Ada yang mempersungguh di dalam melaksanakan Thowaf Sunnah 50x, ada yang mempersunguh dalam membaca Al-Qur’an hingga hatam/selesai lebih dari satu kali, ada yang mempersungguh di dalam menjalankan berbagai sholat sunah, dan sebagainya. Semua itu sebagai bentuk kesyukuran atas kesempatan yang telah Alloh SWT. berikan dalam bentuk bisa menjalankan Umrah Ramadan tahun 2012.

Nah… jika anda suatu saat nanti diqodar oleh Alloh SWT. bisa menjalankan ibadah Umrah di bulan Ramadhan, maka isilah dengan usaha untuk mengeduk pahala yang sebanyak-banyaknya. Sebagaimana menetapi ucapan Rasulalloh SAW., yang artinya kira-kira: “Apakah aku bukan termasuk hamba yang bersyukur?” Semoga tulisan ini ada manfaat dan barokahnya. Amiiin…!

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Jurnal Perjalanan (Travel Journal), Serbaneka Info, Travels and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s