How Should University Lecturers Do Their Lecture Activities? We Can Learn From The Best!

Dosen perguruan tinggi di IPB khususnya dan di Indonesia umumnya, menghadapi tantangan dan tuntutan yang semakin berat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tantangan dan tuntutan yang dihadapi tentulah memerlukan solusi dan jawaban yang tepat agar masing-masing dosen mampu bertahan dan menjalankan fungsinya dengan efektif dan efisien. Meskipun mungkin hal tesebut tidak secara langsung memberi nilai tambah berupa keuntungan finansial, paling tidak akan membawa suatu ketenangan dan kepuasan bagi yang berprofesi sebagai dosen.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia perguruan tinggi saat ini sudah banyak berubah dibandingkan dengan era tahun 80-an saat saya mulai menginjakkan kaki di dunia kampus. Dari sisi mahasiswa, perbedaan yang ada antara lain: masalah sikap atau attitude mahasiswa dan era keterbukaan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komputasi yang juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Dampak dari perubahan tesebut tentu saja juga berimbas pada profesi dosen perguruan tinggi.

Dari sisi gaji dosen, tidak dapat dipungkiri pula telah terjadi perubahan yang sangat drastis dibanding pada era tahun 80-an. Gaji dosen sudah lebih meningkat nilai nominalnya, meskipun tidak berarti sejalan dengan nilai fungsional uang yang diterima. Tuntutan bagi seorang dosen pun telah mengalami banyak perubahan. Jika di era tahun 80-an ada pameo bahwa seorang guru besar, meskipun tidak pernah sekalipun menginjakkan kakinya di kampus atau tidak pernah sekalipun menulis publikasi (gambaran yang terlalu ekstrim?) tidak akan ada konsekuensi apapun terhadap posisi kegurubesarannya dan tidak akan berpengaruh kepada gaji yang dia terima setiap bulannya.

Bandingkan hal tersebut dengan tuntutan bagi seorang dosen di IPB saat ini, yang antara lan harus memenuhi indeks kinerja dosen (IKD) minimal 12 poin, membuat kegiatan publikasi dan penelitian sebagai syarat untuk kenaikan pangkat, dan aktif melakukan kegiatan belajar mengajar setiap semester/tahun. Di sisi lain, dosen perguruan tinggi yang aktif dan kreatif pun diberi kesempatan untuk mendapatkan fasilitas dana penelitian melalui berbagai skim penelitian dan oleh berbagai sumber pendanaan (Kemdiknas, Kementan, Kemenristek dan sebagainya) yang pada era tahun 80-an sangat terbatas ketersediaannya.

Menghadapi perubahan situasi dan kondisi dunia pendidikan di perguruan tinggi, jika tidak disikapi dengan bijaksana, tentu dapat berpotensi menyebabkan munculnya sikap negatif seperti frustasi dan apatisme di kalangan pemangku-kepentingan (salah satunya: dosen) tetapi juga dapat memunculkan sikap positif dan kreatifitas mereka. Perubahan zaman dan kondisi lingkungan strategis tentu saja tidak dapat kita tolak dan hindari. Yang bisa kita lakukan tentu saja mengadaptasikan diri kita masing-masing agar terus dapat merasa nyaman dalam kondisi yang telah berubah tersebut. Keberhasilan kita dalam melakukan adaptasi dengan perubahan yang ada akan menentukan tingkat keberhasilan dan kenyamanan yang akan kita nikmati di masa yang akan datang.

Berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam posting ini, ada baiknya kita menyimak informasi berikut dari orang yang berhasil melakukan adaptasi terhadap perubahan zaman. Mungkin kita akan dapat menyimak nilai positif dalam menjalankan fungsi sebagai dosen di perguruan tinggi. Mari kita simak bersama-sama dengan membaca info berikut: The 4 Professors of the Year Advise Their Peers: Keep Learning and Adapting, by Jenny Rogers.

Semoga informasi ini ada manfaat dan barokahnya bagi kita semua. Saya juga berharap, kita semua dapat melakukan perubahan dan adaptasi yang positif sehingga mampu tetap menjalankan fungsi kita sebagai dosen dan menjaga nilai positif dalam kehidupan kita. Amiiin…

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in News from PMB Lab, Serbaneka Info and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s