Jumlah Karya Tulis Indonesia Telah Mengalami Peningkatan Sehingga Mengalahkan Negara Lain?

Terkait dengan karya tulis yang dihasilkan oleh Indonesia secara umum, berikut ini adalah pernyataan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, sebagaimana yang dikutip dari laman Dirjen Dikti:
‘Menteri Pendidikan dan kebudayan Mohammad Nuh, dalam jumpa pers Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, hari ini (11/2) menerangkan bahwa jumlah karya tulis Indonesia mengalami peningkatan yang cukup berarti. “Sekarang kita sudah mengalahkan Vietnam dan beberapa negara lainnya, jumlah naiknya sekitar 3000-an,” jelas Mendikbud.


Menurut Mendikbud peningkatan tersebut merupakan hal yang patut diapresiasi mengingat pada awal milenium hingga beberapa tahun kebelakang grafik karya tulis Indonesia terhitung statis dan tidak mengalami peningkatan. “Hasil ini harus kita syukuri meskipun kita sendiri tentunya belum puas,” sahut Mendikbud.Peningkatan ini menurut Mendikbud mengindikasikan bahwa surat edaran Dirjen Pendidikan Tinggi no: 152/E/T/2012 perihal publikasi ilmiah yang berisi kewajiban menulis karya ilmiah atau makalah pada jurnal ilmiah bagi lulusan program Sarjana, program Magister pada jurnal nasional yang terakreditasi Dikti dan program Doktor pada jurnal internasional berhasil memberi dampak positif sekaligus mendongkrak peningkatan hasil karya ilmiah di Indonesia.’

Tentu saja berita tersebut merupakan suatu berita yang sangat menggembirakan. Kita masih berharap bahwa peningkatan yang signifikan akan terus terjadi dengan bertambahnya waktu karena diharapkan akan lebih banyak lagi karya tulis yang akan dihasilkan.

Pernyataan yang lebih penting lagi adalah ‘sudah berapa banyak kontribusi diri kita masing-masing?’ Lebih ekstrimnya lagi adalah ‘sudahkah kita berkontribusi dalam peningkatan jumlah karya tulis Indonesia, ataukah belum?’ Hanya diri kita masing-masing yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in News from PMB Lab. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s