Writing International Publication #3: Have You Been Invited to Publish Your Book or Journal by Publisher?

Apakah anda pernah mendapatkan taLAP Publisher 1.jpgwaran lewat email sebagaimana yang ada di gambar sebelah ini? Isi emailnya sangat serius sekali menanyakan ketertarikan kita atas tawaran mereka (email ini adalah email kali yang kedua dari orang yang sama!). Intinya adalah, mereka menawarkan untuk menerbitkan academic paper yang pernah/sudah kita publikasikan untuk mereka terbitkan sebagai bagian dari buku atau lainnya (tawarannya bisa bervariasi antar email yang dikirimkan, tetapi kira-kira intinya sama dengan foto di postingan ini).

Bagi saya, tawaran semacam itu pastilah sangat menarik. Siapa yang tidak senang… karena ada yang tertarik dengan hasil penelitian yang telah kita publikasikan. Apalagi penerbit dengan nama internasional, asal Jerman lagi. Rasanya hati ini jadi berbunga-bunga (:-)

Karena penasaran dengan nama penerbitnya, saya lanjutkan Googling dengan keywords “nama publisher” yang disebutkan dalam email, untuk meyakinkan sebelum berlanjut mau menerima tawaran yang disampaikan atau tidak. Meskipun tidak sampai terloncat dari tempat duduk, saya tetap kaget melihat ulasan yang diberikan oleh blog Scholarly Open Access tentang publisher ini. Inilah info yang saya dapatkan dari blog Scholarly Open Access. Ternyata ini hanya tipu-tipu dan sudah banyak peneliti dari luar negeri yang terkecoh dengan model tawaran mereka.

LAP Publisher 2Info lengkap tentang publisher ini dan bagaimana mereka beroperasi serta testimoni negatif tentang publishernya dapat dilihat di link ini. Alhamdulillah, baru terbersik ketertarikan, tetapi seperti ada yang mengingatkan untuk mengecek validitasnya lebih dahulu.

Postingan ini saya maksudkan untuk mengingatkan rekan sejawat sekalian jika menerima tawaran yang sama atau yang semacamnya, jangan cepat ditanggapi. Apalgi ditindaklanjuti, karena berpotensi membawa masalah bagi kita sendiri setelah berhubungan dengan publishernya dan menindaklanjuti publikasi dengannya. Mereka memanfaatkan keinginan para peneliti/dosen yang kurang teliti atau hati-hati dalam hal penerbitan ilmiah internasional serta tergiur dengan tawaran yang sepertinya menarik, yang sebetulnya berakibat negatif pada peneliti/dosennya.

Saya hanya berharap semoga rekan sejawat sekalian tidak ada yang terjebak dengan skenario negatif yang mereka kembangkan.Amiiin…

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Publications and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s