UPDATE – Syarat Baru Profesor (Guru Besar) dan Kenaikan Pangkat Mulai Tahun 2016

#KeanikanPangkatDosen #GuruBesar: Sejak bulan Juli 2011 dan dan bulan Januari2012 saya telah mengingatkan rekan sejawat tentang akan semakin sulitnya kenaikan jabatan dosen dan terutama jabatan guru besar (profesor) (lihat posting berikut: Syarat untuk Jadi Guru Besar (Profesor) Semakin Berat dan UPDATE – Syarat Baru Profesor (Guru Besar) dan Kenaikan Pangkat Mulai Tahun 2012). Sepertinya dugaan tersebut telah menjadi kenyataan dengan adanya berbagai aturan baru terkait dengan kenaikan pangkat dosen khususnya jabatan guru besar.

Beberapa indikator semakin sulitnya syarat untuk jadi guru besar, antara lain:

  1. Untuk menjadi guru besar, maka komponen penelitian minimal harus 45% dari total kredit poin yang diperlukan.
  2. Untuk menjadi guru besar, maka komponen pendidikan minimal harus 35% dari total kredit poin yang diperlukan.
  3. Untuk menjadi guru besar, maka minimal diperlukan satu publikasi internasional dengan senior author atas nama pengusul.

Beberapa indikator semakin sulitnya syarat untuk jadi lektor kepala, antara lain:

  1. Untuk menjadi lektor kepala, maka komponen penelitian minimal harus 40% dari total kredit poin yang diperlukan.
  2. Untuk menjadi lektor kepala, maka komponen pendidikan minimal harus 40% dari total kredit poin yang diperlukan.
  3. Untuk menjadi lektor kepala, maka ADA KEMUNGKINAN diperlukan minimal satu publikasi nasional terakreditasi/publikasi internasional dengan senior author atas nama pengusul (Ini tidak terlalu mengherankan, kalau segera akan diberlakukan!)

Untuk keduanya (guru besar atau lektor kepala), maka beberapa syarat yang lain antara lain:

  1. Untuk komponen pengabdian pada masyarakat (PPM), maksimal tidak boleh melebihi 15% dari total kredit poin yang diperlukan. Minimal harus ada 1 kredit point untuk PPM.
  2. Untuk komponen kegiatan penunjang tri darma perguruan tinggi, maksimal tidak boleh melebihi 15% dari total kredit poin yang diperlukan. Minimal harus ada 1 kredit point untuk kegiatan penunjang tri darma perguruan tinggi.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan bagi rekan dosen perguruan tinggi tentang kredit poin untuk komponen publikasi:

  1. Akan dilakukan pembatasan dalam hal jumlah kredit poin publikasi dalam jurnal ilmiah nasional yang TIDAK TERAKREDITASI, yaitu maksimal tidak melebihi dari 25% dari total kredit poin yang diperlukan.
  2. Akan dilakukan pembatasan dalam hal jumlah kredit poin publikasi yang berasal dari kegiatan seminar ilmiah yang berupa prosiding atau presentasi oral/poster, yaitu maksimal tidak melebihi dari 25% dari total kredit poin yang diperlukan.

Nah, itu beberapa hightlight tentang aturan baru kenaikan pangkat dosen terutama untuk jabatan guru besar. InsyaAlloh, dalam posting yang lain akan disajikan berbagai hightlight aturan baru yang harus diperhatikan oleh rekan sejawat dosen perguruan tinggi. Selamat menyiapkan persyaratan kenaikan pangkat masing-masing.

About PMB Lab: Prof. Sudarsono

This blog is dedicated as a communication media among alumni associated with PMB Lab, Dept. of Agronomy and Horticulture, Fac. of Agriculture, IPB, Bogor – Indonesia. It contains various information related to alumni activities, PMB Lab’s on going activities and other related matters.
This entry was posted in Info Dikti, News from PMB Lab. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s